Magelang (ANTARA News) - Penjabat Wali Kota Magelang, Rudy Apriyantono, mengajak masyarakat setempat membudayakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebagai bagian dari upaya membangun pola hidup bersih dan sehat.

"Sering kita kurang memperhatikan masalah ini, mencuci tangan menggunakan sabun. Itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh," katanya di Magelang, Jumat.

Ia mengatakan hal itu saat "Gebyar Promosi Kesehatan" Kota Magelang, Jawa Tengah, terkait dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 yang jatuh setiap 12 November.

Pada kesempatan itu, ia mengemukakan pentingnya membangun budaya bersih dan sehat sejak anak usia dini, termasuk membiasakan mereka mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Pola menjaga kesehatan tubuh, ujarnya, harus dimulai sejak usia dini agar mereka paham dan terbiasa melakukan hal tersebut.

Ia juga mengingatkan akan peran penting para kader kesehatan, keluarga, dan sekolah, serta pihak terkait lainnya dalam membangun budaya hidup bersih dan sehat.

Persoalan kesehatan, ujarnya, tidak sekadar menyangkut kesehatan fisik, namun juga mental masyarakat.

"Kesehatan fisik dan mental seseorang, menjadi modal penting untuk berpartisipasi dalam pembangunan di segala bidang, terutama untuk mewujudkan bangsa dan negara yang sehat jasmani dan rohani," katanya.

Selain itu, katanya, upaya preventif terkait dengan gangguan kesehatan dan promosi kesehatan masyarakat juga harus terus dilakukan.

"Agar masyarakat selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang seimbang, rutin berolahraga, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih," katanya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-51 di Kota Magelang, antara lain diisi dengan sosialisasi mencuci tangan menggunakan sabun, donor darah, dan pameran kesehatan.

Pewarta: M Hari Atmoko
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015