Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar anak tidak merasa takut saat belajar sains,"
Jakarta (ANTARA News) - Sains atau dalam bahasa latin scientia berarti pengetahuan, bisa menjadi menarik saat dipelajari oleh anak ketika orang tua atau guru memiliki trik saat membimbing atau menemaninya.

"Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar anak tidak merasa takut saat belajar sains," kata selebriti sekaligus aktivis anak Dewi Huges di Jakarta, Rabu.

Perempuan asal Bali tersebut mengemukakan, pendamping perlu menghindari kata-kata yang berbau mematahkan semangat, menyindir, menuduh, atau perkataan lain yang bisa membuat anak berkecil hari.

Dalam belajar sains, lanjut Huhes, anak-anak perlu merasa senang dan nyaman tanpa terintimidasi takut salah, agar ilmu pengetahuan tersebut dapat benar-benar diterima oleh anak.

"Jadi, sebaiknya perlu 'mengunci mulut'. Hindari perkataan awas salah atau semacamnya. Sehingga, anak-anak bebas mengeksplorasi yang ingin mereka ketahui," kata Huges.

Selain perkataan, pembimbing juga perlu menjaga bahasa tubuh yang digunakan ketika merespon apa yang dilakukan anak-anak saat belajar sains.

Mengingat, 55 persen dari komunikasi adalah bahasa tubuh, maka hal ini sangat mempengaruhi respon anak saat belajar sains.

Maka, mengacungkan jempol, bertepuk tangan atau melempar senyum saat anak berhasil mengerti apa yang ia pelajari adalah satu motivasi yang baik.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015