Jakarta (ANTARA News) - Pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana kecepatan internet negara-negara di seluruh dunia? International Telecommunication Union (ITU) baru-baru ini menyusun laporan peringkat negara berdasarkan kecepatan internet rata-rata, dan hasilnya mungkin sedikit mengejutkan.

Laporan ITU menyebutkan bahwa Korea Selatan menduduki posisi pertama sebagai negara yang memiliki konektivitas internet tercepat di dunia.

Disusul oleh Denmark di posisi kedua, Islandia di peringkat ketiga, dan Inggris di urutan keempat, yang naik dari posisi kesepuluh dalam lima tahun terakhir.

Sementara itu, Amerika Serikat yang bisa dikatakan terdepan dalam teknologi, hanya menduduki posisi ke-15 di dunia, di belakang Jerman dan Australia.

Sedangkan Chad memiliki koneksi internet terburuk di dunia, di bawah Malawi, Madagaskar, Ethiopia dan Eritrea.

Hasil laporan tersebut didasarkan pada indeks pembangunan ICT (ICT Development Index) yang memberikan skor 0-10 berdasarkan kecepatan internet rata-rata, jumlah langganan tetap dan presentase rumah tangga dengan komputer.

Korea Selatan sendiri mendapat skor 8,93, sementara Inggris mendapat nilai 8,75. Sedangkan negara-negara yang masuk dalam peringkat 20 besar memiliki angka di atas 8, demikian Digital Spy.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015