Jakarta (ANTARA News) - Aksi mogok Metromini karena protes penangkapan bus tak laik jalan tidak berpengaruh pada transportasi di Jakarta, kata pengamat transportasi Djoko Setijawarno.

"Warga sudah punya pilihan angkutan umum lain seperti busway Transjakarta, angkot, ojek atau sepeda motor," kata Djoko dalam siaran tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, aksi mogok tersebut hanya merugikan sopir dan perusahaan Metromini karena tidak akan mendapatkan pemasukan. Sementara di lain hal warga masih memiliki alternatif transportasi lain.

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mengerahkan 20 bus sekolah sebagai pengganti bus metromini di sejumlah trayek.

Selain itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga mengatakan pihaknya telah mengeluarkan kebijakan angkutan umum lain yang dapat beroperasi di seluruh trayek.

Basuki menyatakan tidak mempermasalahkan aksi mogok Metromini yang dilakukan hari ini.

"Tidak apa-apa. Kalau mau mogok, ya mogok saja. Kami juga sudah mengeluarkan kebijakan agar angkutan umum lainnya bisa beroperasi di semua trayek. Masyarakat yang kena imbas bisa mencari alternatif lain," ujar pria yang akrab disapa Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan selama ini Metromini kerap membahayakan, baik bagi para penumpangnya maupun pengendara lain, sehingga harus ditindak secara tegas.

"Bukan cuma bagi penumpang, Metromini juga sering sel membahayakan pengendara lainnya. Bahkan, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Metromini juga sering menimbulkan korban," tutur Ahok.

Dia mengungkapkan pihaknya tidak akan menangkap seluruh Metromini yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta, melainkan hanya bus-bus Metromini yang terbukti tidak layak jalan.

"Metromini yang sudah bobrok itu sudah pasti kami tangkap dan dikandangkan. Sedangkan Metromini yang kondisinya masih bagus dan layak jalan tetap diperbolehkan beroperasi," ungkap Ahok.

Sopir-sopir Metromini hari ini melakukan aksi mogok beroperasi lantaran Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta telah menangkap bus-bus Metromini yang tidak layak jalan.

Sementara itu, para sopir itu pun meminta agar bus-bus Metromini yang sudah dikandangkan oleh Dishubtrans DKI segera dilepaskan. 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015