London (ANTARA News) - Rangka yang ditemukan di taman sekolah dasar Victoria di Newhaven, Edinburgh diduga seorang perompak yang hidup di abad 16, kata para arkeolog.

Pakar di AOC Arkeologi bersama pakar forensik Hayley Fisher melacak dengan carbon dating kerangka terebut dan menemukan ia berasal dari abad 16-17 dan memperkirakan orang tersebut berusia sekitar 50 tahun saat wafat.

Sekolah dasar tertua di kota tersebut itu terletak dekat pelabuhan Newhaven, tempat gantungan di dekat dermaga 600 tahun yang lalu.

Fosil manusia itu diperkirakan dieksekusi karena perompakan atau kejahatan lainnya sebelum dimakamkan tanpa tanda.

Tulang belulang tersebut ditemukan dekat dengan laut dan tiang gantungan, bukan di salah satu kuburan terdekat, yang menunjukan bahwa orang tersebut dibunuh dan dipajang untuk mencegah bajak laut lainnya.

Koordinator budaya Dewan Kota Edinburgh Konselor RIchard Lewis mengatakan kota tersebut memiliki masa lalu yang menarik dan temuan benda arkeologi yang aneh.

"Luar biasa dengan layanan arkeologi dan museum dewan, kami bisa menyelidiki temuan seperti itu dan menambah pengetahuan kami tentang warisan Newhaven," kata Lewis.

Kepala Sekolah Laura Thompson mengatakan menarik bagi para siswa bahwa ada kerangka yang ditemukan di taman mereka.

"Para arkeolog dapat mengadakan pelajaran khusus bagi anak-anak bagaimana mereka menganalisis fosil dan akan menjadi kesempatan bagi para murid," kata Thompson.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016