Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar memuji penyerapan dana desa di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang digunakannya dengan optimal.

"Sebanyak 417 desa di Kabupaten Bogor telah memanfaatkan dana desa 2015 dengan optimal," ujar Mendes di Jakarta, Rabu.

Dia mengharapkan penyerapan dana desa di Kabupaten Bogor tersebut dapat dijadikan contoh dan diikuti oleh desa - desa lain di Tanah Air.

"Dana desa sudah disalurkan 100 persen. Sekali lagi saya tekankan sudah 100 persen. Bagi desa yang belum melakukan penyerapan, segera gunakan dana desa ini hingga Maret 2016," tambah dia.

Marwan juga menghimbau agar desa-desa yang belum menyerap dana desa dapat segera dimanfaatkan untuk pembangunan desa masing-masing.

Pihaknya melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa, agar pemanfaatan dana itu untuk kepentingan pembangunan desa dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

"Pengawasan tentu menjadi tugas kementerian. Kami memiliki pendamping desa yang bertugas untuk mendampingi desa-desa dalam proses penyusunan program pembangunan sampai pelaksanaannua. Kami juga dibantu oleh BPKP dan Bapemas kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan. Terakhir ada BPK yang mengurusi audit dan laporan penggunaan dana desa," papar dia.

Selain itu, dia juga meminta kepala desa tidak merasa ketakutan untuk menggunakan dana desa dengan hadirnya pendamping desa, BPKP dan Bapemas dalam fungsi pemantauan terhadap penggunaan dana desa.

Pewarta: Indriani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016