Ada juga yang melapor kalau malam jadi tempat pacaran."
Bogor (ANTARA News) - Bima Arya Sugiarto selaku Wali Kota Bogor, Jawa Barat, berkeinginan memasang sejumlah kamera televisi pemantau sirkit tertutup (close circuit television/CCTV) di berbagai taman yang dapat dipantau di telepon seluler (ponsel) pintarnya guna mengantisipasi kerawanan aksi kriminal dan susila.

"Kita akan memasang CCTV di sejumlah taman, Kominfo sudah menganggarkan, akan tersambung dengan Bogor Green Room dan langsung ke handphone saya," katanya dalam bincang bareng wartawan di Bogor, Sabtu.

Bima mengatakan, dirinya menerima banyak laporan, sejumlah taman dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti lampu di Taman Kencana di rusak, begitu juga di Taman Corat-Coret menjadi sasaran vandalisme.

"Ada juga yang melapor kalau malam jadi tempat pacaran. Setelah CCTV di pasang terkoneksi dengan Bogor Green Room dan handphone saya. Jadi, siapa yang macam-macam atau pacaran akan terlihat dari handphone saya," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Ketika ditanya wartawan, berapa jumlah CCTV dan anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan kamera pengawas, Bima mengaku tidak mengetahui, karena ada di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kurang tahu berapa nilainya, ada di Kominfo, tapi yang pasti satu taman satu CCTV," katanya.

Selain dengan CCTV, lanjut dia, jumlah petugas taman (park ranger) akan diperbanyak, begitu juga pengawasan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) yang akan dievaluasi untuk meningkatkan kinerjanya.

"Satpol PP dan DKP akan kita intensifkan lagi, kita minta mengawasi, agar jangan ada lagi taman yang dirusak," katanya.

Kepala Bidang Pertamanan, DKP, Yadi Cahyadi, mengatakan bahwa sepanjang 2015 Pemerintah Kota Bogor telah membangun sejumlah taman tematis seperti Taman Skateboard dan Taman Ekspresi di Lapangan Sempur, serta Taman Air Mancur yang menjadi tenggaran (landmark) Bogor.

"Total ada 49 taman baik itu tematis, taman umum, dan taman median jalan. Jumlah yang ada menyumbang 11,9 persen untuk ruang terbuka hijau, belu termasuk Kebun Raya," katanya.

Yadi menambahkan, tahun 2015 Pemerintah Kota Bogor mengalokasikan anggaran sekitar Rp10 miliar untuk pembangunan taman, dan Rp1,3 miliar untuk perawatan. Tahun 2016 ini fokus untuk perawatan taman dengan memperbesar porsi anggaran sebesar Rp3 miliar.

"Tahun ini, fokus untuk perawatan taman yang sudah dibangun," katanya menambahkan.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016