Saya optimis jika sektor perhubungan ini dibenahi lebih baik maka Dumai bisa menjadi Kota Batam sebagai pintu masuk internasional yang sangat potensial dikembangkan,"
Dumai, Riau (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI Rendy M Affandy Lamandjido berjanji akan segera membenahi kondisi infrastruktur perhubungan di Kota Dumai dalam rangka mendukung sektor transportasi massa di daerah itu.

Menurut dia, jika infrastruktur pendukung sektor perhubungan sudah dibenahi, maka Pelabuhan Dumai bisa menjadi pintu gerbang internasional yang akan memberi pemasukan keuangan daerah.

"Saya optimis jika sektor perhubungan ini dibenahi lebih baik maka Dumai bisa menjadi Kota Batam sebagai pintu masuk internasional yang sangat potensial dikembangkan," katanya di Dumai dalam kunjungan kerja, Kamis.

Disamping itu, persoalan infrastruktur yang masih terbengkalai di sejumlah terminal transportasi massa di Dumai akan dioptimalkan dengan dukungan anggaran nasional untuk penataan.

Kota Dumai dinilai dia sangat potensial untuk mendukung program pemerintah pusat karena memiliki perairan dan pelabuhan yang berlokasi sangat strategis dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan sejumlah negara.

"Pelabuhan Dumai punya prospek bisnis yang bagus dan jika terus dikembangkan maka akan dapat meningkatkan pendapatan bagi daerah," jelasnya.

Dalam kunjungan kerja di Dumai, legislator senayan ini mengunjungi sejumlah fasilitas trasnportasi massa, diantaranya, Terminal penumpang Roro di Kelurahan Purnama dan Terminal Barang dan Truk di kawasan Bukit Jin Dumai.

Kegiatan kunker sekaligus untuk menyerap aspirasi dari instansiDinas Perhubungan Dumai terkait persoalan dan kebutuhan pembangunan yang akan didukung pembiayaan pemerintah pusat.

"Selain melihat sejumlah fasilitas terminal, kita juga akan menampung aspirasi maupun usulan Dumai untuk mensukseskan program pembangunan di bidang perhubungan," sebutnya.

Kegiatan peninjauan Komisi V DPR RI ini didampingi Kepala Dinas Perhubungan Dumai Bambang Sumantri beserta sejumlah staf.

Sebelumnya, Kepala Dishub Dumai Bambang Sumantri menyebutkan telah mengusulkan kebutuhan anggaran program revitalisasi penyelenggaraan angkutan perkotaan ke pemerintah pusat sebesar Rp9 miliar pada 2016.

"Tujuan revitalisasi angkutan perkotaan ini agar dapat mendorong pengusaha memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang, dan usulan anggaran disampaikan ke Kementerian Perhubungan," ungkap dia.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016