Berlin (ANTARA News) - Film dokumenter garapan Gianfranco Rosi berjudul "Fuocoammare" (Fire at Sea) yang mengisahkan krisis pengungsi di Pulau Lampedusa, Italia, lepas pantai Laut Tengah, memenangkan Golden Bear untuk Film Terbaik pada Festival Film Internasional Berlin, Sabtu waktu setempat.

"Tentu saja untuk saat ini hati terdalam saya untuk semua orang yang tidak pernah sampai di Lampudusa dalam perjalanan menuju harapan," kata Rosi saat menerima anugerah ini.

Hadiah Silver Bear Grand Jury jatuh ke film "Smrt u Sarajevu" (Death in Sarajevo) dan sutradaranya Danis Tanovic.

Sedangkan Sutradara Terbaik menjadi milik Mia Hansen-Love dari Prancis atas filmnya "L'Avenir" (Things to Come).

Pemeran Utama Pria Terbaik diberikan kepada Majd Mastoura untuk perannya dalam film Tunisia "Inhebbek Hedi", sedangkan Trine Dyrholm menjadi Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat aktingnya dalam film Denmark "Kollektivet" (The Commune).

Skenario Terbaik dianugerahkan kepada sutradara dan penulis skenario asal Polandi, Tomasz Wasilewski, dalam film "Zjednoczone Stany Milosci" (United States of Love), sementara sinematografi terbaik dialamatkan kepada Mark Lee Ping-Bing lewat film Tiongkok "Chang Jiang Tu" (Crosscurrent) yang disutradarai Yang Chao.

Penghargaan juga diberikan untuk film yang membuka wawasan baru berdurasi delapan jam karya Filipina "Hele sa Hiwagang Hapis" (A Lullaby to the Sorrowful Mystery) arahan sutradara Lav Diaz, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016