Jayapura (ANTARA News) - Kota Jayapura siap menerapkan program kantong plastik berbayar yang dibebankan kepada konsumen, demikian disampaikan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano

"Kota Jayapura merupakan satu dari 22 kota/kabupaten di Indonesia yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut dan kami siap untuk menerapkannya," katanya di Jayapura, Jumat.

Namun, sebelum menerapkannya, pemerintah kota akan melakukan sosialisasi sehingga program dapat diterima dan diterapkan di masyarakat.

Saat ini, beberapa pusat perbelanjaan sudah menerapkan kantong plastik berbayar yakni Rp200 per kantong.

Program tersebut diharapkan mampu menekan jumlah sampah plastik.

Selanjutnya, pemerintah kota masih menunggu hasil jajak pendapat dan pembahasan lebih lanjut untuk mengatur penerapan kantong plastik berbayar dalam perda, jelasnya.

Sementara itu sejumlah warga yang ditemui secara terpisah mengeluh karena karena plastik yang harus dibeli berukuran kecil sehingga mereka harus membayar untuk lima kantong.

"Seharusnya pengelola tempat perbelanjaan menyediakan plastik berukuran besar karena itu dibeli dan bukan sebaliknya hanya menyediakan plastik berukuran kecil sehingga masyarakat harus membeli lebih dari satu plastik," kata Tris yang mengaku tinggal di kawasan Kloofkamp, Kota Jayapura.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016