Roma (ANTARA News) - Penyanyi Elton John akan melakukan pementasan di teater kuno Roma di Pompeii pada Juli sebagai bagian dari pertunjukan keliling dunia untuk mempromosikan album terbarunya "Wonderful Crazy Night", kata penyelenggara konsernya di Italia pada Jumat.

Konser tersebut belum terdaftar pada laman resmi milik pria berusia 68 tahun tersebut tetapi sudah diiklankan secara daring oleh DAlessandro e Galli, lapor Reuters.

"Elton John dalam tata ruang yang paling menggugah, 12 Juli, Pompeii," kata jejaring penyelenggara.

Pompeii tertutup abu panas setelah gunung berapi Vesuvius meletus pada 79 Masehi. Kota kuno tersebut adalah tujuan wisata paling populer di Italia, dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya.

Namun, belum jelas apakah Elton John akan bermain di tempat yang disebut Teater Besar yang dapat menampung 1.400 orang atau di ampiteater, yang terkenal setelah muncul dalam film Pink Floyd berjudul "Live at Pompeii" pada 1972, kata juru bicara situs arkeolog yang juga sebagai penyelenggara.

Teater Besar, tempat masyarakat Pompeii pernah menyaksikan komedi dan tragedi, telah menyelenggarakan tarian balet dan penampilan musik klasik dalam dua tahun terakhir.

Ampiteater, tempat dahulu para gladiator bertarung, sudah ada seabad sebelum teater terbesar dan terkenal Kolosseum di Roma lahir. Stadion batu tersebut mungkin tidak dapat menampung lebih dari dua ribu orang, kata salah satu juru bicara Pompeii.

Pink Floyd melangsungkan pentasnya tanpa penonton di ampiteater tersebut selama empat hari pada 1971.
(Uu.A074/T008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016