Jakarta (ANTARA) - Musisi asal Inggris Raya Elton John menjadi segelintir orang yang menyandang status peraih EGOT setelah dia meraih penghargaan Emmy Awards 2024, yang berlangsung Senin (15/1) di Amerika Serikat.

EGOT adalah akronim untuk Emmy, Grammy, Oscar dan Tony. Sepanjang sejarah penghargaan tersebut, hanya 19 orang yang pernah meraih piala EGOT, seperti disiarkan Reuters, Selasa.

Baca juga: Penampilan Elton John di Glastonbury bertabur bintang

Elton John meraih Emmy 2024 untuk streaming konser perpisahan "Elton John Live: Farewell From Dodger Stadium" yang disiarkan platform Disney+ pada November 2022. Sayangnya, Elton John tidak bisa hadir di acara itu karena dia baru saja menjalani operasi lutut.

"Saya dengan rendah hati bergabung dengan kelompok orang-orang bertalenta peraih EGOT malam ini. Perjalanan menuju momen ini dipenuhi semangat, dedikasi dan dukungan yang tidak tergoyahkan dari para penggemar saya di seluruh dunia," kata Elton John melalui keterangannya.

Baca juga: Konser Elton John "Farewell from Dodger Stadium" disiarkan langsung

Elton John, 76, memenangi enam piala Grammy selama karier bermusiknya.

Dia meraih Tony untuk lagu "Aida" dan dua Oscar antara lain untuk lagu "Can You Feel the Love Tonight?" yang merupakan lagu untuk film "The Lion King".

Seniman lain yang menyandang status peraih EGOT antara lain Whoopi Goldberg, Rita Moreno dan Jennifer Hudson.

Baca juga: Festival musik Inggris Glastonbury akan hadirkan Elton John

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024