Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, pada 2016 ini akan membeli kursi dan meja untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas yang selama ini belajar di lantai atau lesehan.

"Anggaran pembelian kursi dan meja siswa SD hingga SMA itu bersumber dari APBD tahun ini sebesar Rp750 juta," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Nur Hasni, di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan, anggaran sebesar Rp750 juta itu dibagikan menjadi tiga paket kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah yakni untuk pengadaan maubeler SD sebesar Rp300 juta, SMP sebesar Rp300 juta, dan SMA Rp150 juta.

Ia mengatakan, pihaknya memprioritaskan siswa SD hingga SMA yang belajar di lantai dan lesehan yang menerima bantuan maubeler dari pemerintah setempat.

Bantuan ini juga diprioritaskan bagi siswa sekolah di wilayah terpencil di daerah itu.

Bantuan maubeler ini lebih banyak diberikan kepada siswa SD dan SMP, katanya, karena jumlah sekolah pada jenjang pendidikan ini lebih banyak dibandingkan SMA.

"Siswa yang banyak belajar di lantai itu di jenjang SD dan SMP. Siswa SMA kemungkinan tidak ada yang belajar di lantai, kursi dan meja baru itu untuk mengganti maubeler di SMA yang rusak," ujarnya.

Ia menerangkan, kegiatan pembelian maubeler tahun ini belum sepenuhnya menutupi kekurangan sarana dan prasarana di sekolah di daerah itu.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016