Jakarta (ANTARA News) - Penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas, mencetak rekor jumlah penampilan terbanyak 166 pertandingan Eropa saat Tim Matador imbang 0-0 melawan Rumania pada laga pemanasan Piala Eropa Prancis 2016 di Stadion Cluj, Rumania, Senin dini hari WIB.

Dilansir dari UEFA, Casillas telah turun lapangan pada laga internasional Eropa sebanyak 166 kali, atau menyamai rekor pemain Latvia Vitālijs Astafjevs yang telah pensiun.

Casillas berpeluang menambah jumlah pertandingan karena masih aktif bermain untuk klub Porto dan timnas Spanyol yang diperkuatnya sejak Juni 2000. Casillas berselisih 11 pertandingan dengan Guanluigi Buffon yang bermain 155 laga untuk Italia.

Hasil ini membuat Spanyol belum menuai hasil positif pada laga persahabatan 2016 setelah ditahan imbang 1-1 Italia pada pekan lalu. Sebaliknya Rumania memperpanjang rekor tidak terkalahkan sejak 2014.

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque pun masih mencari susunan pemain yang tepat karena pada laga ini melakukan 10 perubahan susunan pemain, hanya Gerard Pique yang tidak tergeser dari posisinya sebagai bek tengah.

Pada jalannya laga, Spanyol mengemas peluang lewat sundulan  Gerard Pique usai menyongsong umpan silang David Silva pada menit 10.

Rumania mulai mengancam gawang Iker Casillas setelah Adrien Popa melancarkan tembakan kaki kanan menyusul umpan Bogdan Stancu pada menit 15.

Pada menit yang sama, Vlad Chiriches melanjutkan serangan Rumania dengan melepaskan tembakan dari sudut sempit gawang Spanyol, sayang arah bola meleset ke sisi kanan gawang Spanyol.

Kerja sama Nicolae Stanciu dan Bogdan Stancu sempat membahayakan gawang Spanyol pada menit 28 dan 32 namun tidak berbuah gol. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Gerard Pique kembali berpeluang usai mendapatkan umpan David Silva pada menit 47. Namun sepakan kaki kanan bek Barcelona itu berhasil ditangkap Tatarusanu.

Serangan balik Florin Andone yang dibangun Nicolae Stanciu juga tidak berhasil menembus gawang Iker Casillas pada menit 56.

Rumania memiliki dua peluang dari aksi Nicolae Stanciu dan Ovidiu Hoban pada menit 75 dan 76. Namun tendangan dua pemain itu melenceng ke atas gawang Spanyol.

Tim Matador pun memasukan Alvaro Morata menggantikan David Silva untuk menambah daya gedor tim, tapi hingga laga usai tidak ada gol yang tercipta.

Susunan pemain kedua tim:

Rumania (4-2-3-1):
Tatarusanu; Sapunaru, Chiriches, Grigore, Filip; Pintilii (Ropotan 90), Hoban; Popa (Torje 61), Stanciu (Sanmartean 85), Stancu (Ivan 66); Andone (Rusescu 74)

Spanyol (4-2-3-1):
Casillas; Mario, Pique (Nacho 52), Bartra, Alba; Sergi (Fabregas 60), Koke; Pedro (Mata 67), Silva (Morata 67), Nolito (Isco 46); Alcacer (Aduriz 60)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016