Kelahiran parpol di Indonesia di era demokrasi untuk mencapai tujuan yang diamanahkan konstitusi ..."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Sugiono, dalam Konferensi Internasional Partai Politik Asia (ICAPP) di Jakarta, Sabtu, mengungkapkan demokrasi Indonesia didasari lima prinsip yang ada termaktub dalam Pancasila.

"Kami percaya bahwa demokrasi ini berdasarkan nilai mendasar yang menjadi nilai pokok, yaitu lima prinsip yang diyakini masyarakat Indonesia yang disebut Pancasila," katanya, mewakili Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Gedung DPR, Jakarta.

Dia menjelaskan, Indonesia dengan prinsip  Pancasila --Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia-- membangun demokrasi tidak hanya melalui suara terbanyak, namun menampung setiap pendapat sebelum membuat keputusan.

Menurut dia, Indonesia memilih jalan demokrasi untuk memilih pemimpin dan menggapai cita-cita negara sehingga diperlukan partai politik untuk mencapai tujuan tersebut.

"Kelahiran parpol di Indonesia di era demokrasi untuk mencapai tujuan yang diamanahkan konstitusi, dan kami memilih jalan demokrasi untuk memilih pemimpin," ujarnya.

Sugiono mengatakan, kelahiran Gerindra sebagai parpol bertujuan untuk mencapai cita-cita bangsa agar mewujudkan masyarakat yang makmur.

Menurut dia, partainya lahir di tengah keadaan penuh tantangan, antara lain korupsi merajalela, tingkat pengangguran tinggi, masalah gizi buruk, masalah akses kesehatan dan penyalah gunaan narkoba.

"Itu persoalan masyarakat yang harus diselesaikan. Ini idealisme dan perjuangan partai yang kami perjuangkan," katanya.

Menurut dia, peran parpol bukan hanya ada di panggung politik namun sebagai gerakan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya kehadiran parpol.

Sugiono menambahkan, untuk mewujudkan cita-cita tersebut, tidak bisa dilakukan sendiri oleh partainya namun harus bekerja bersama sebagai tim dengan parpol lainnya.

Konferensi Internasional Partai Politik Asia (the International Conference of Asian Political Parties/ICAPP) adalah forum antar-parpol di kawasan Asia dan Pasifik yang didirikan di Manila, Filipina, pada September 2000.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016