Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menyatakan pengumuman kelulusan Ujian Nasional pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sekolah sederajat akan disampaikan sore ini pukul 16.00 WIB.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, M Jamal, Sabtu, kesepakatan mengenai waktu pengumuman hasil ujian nasional diambil dalam pertemuan para kepala sekolah kemarin.

"Kami sepakat waktu pengumuman dilakukan sore pukul 16.00 WIB mengingat mobilitas masyarakat mulai menurun," katanya.

Para pelajar, ia menjelaskan, bisa melihat pengumuman kelulusan melalui laman resmi sekolah, atau pengumuman yang ditempel di papan pengumuman sekolah, atau lembaran pengumuman hasil ujian yang dibagikan ke tiap murid.

"Beberapa sekolah ada yang sudah punya situs sekolah sendiri mengumumkannya lewat itu, sehingga mengurangi siswa turun ke jalan," katanya.

Ia juga mengingatkan para pelajar tidak merayakan kelulusan dengan turun ke jalan untuk berpawai.

Jamil menjelaskan bahwa kelulusan ditentukan berdasarkan nilai ujian nasional, ujian sekolah, dan nilai rata-rata di rapor.

Ketika ditanya tentang tingkat kelulusan peserta ujian di wilayah kerjanya, Jamil mengatakan,"Kami belum dapat laporan, baru sore nanti, karena pagi ini semua sekolah masih merapatkannya."

Tahun ini ada 15.342 pelajar SMA dan sekolah sederajat di Pekanbaru yang ikut ujian nasional. Dari jumlah tersebut, ada 6.000an pelajar dari 23 SMA dan Sekolah Menengah Kejuruan yang mengikuti ujian berbasis komputer.

Pewarta: Netty Mindrayani/Vera Lusiana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016