Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian pekan pamungkas Bundesliga Jerman musim 2015/2016 rampung digelar pada Sabtu malam di sejumlah kota setempat.

Pertarungan di zona degradasi menjadi sajian utama, sebab gelar juara sudah diraih Bayern Muenchen sejak musim menyisakan tiga laga untuk dijalani.

Stadion Volkswagen Arena, markas VfL Wolfsburg menjadi saksi kepastian VfB Stuttgart terdegradasi ke Divisi Dua mendampingi juru kunci Hannover 96 setelah tuan rumah menutup laga dengan kemenangan 3-1 berkat gol dari Maximilian Arnold yang dilengkapi dwigol Andre Schuerrle.

Sementara itu Werder Bremen memastikan diri lolos dari degradasi setelah memenangi pertarungan hidup dan mati menghadapi Eintracht Frankfurt dengan skor tipis 1-0 berkat gol Papy Djilobodji pada menit 88. Hasil itu membuat Frankfurt finis di urutan ke-16 dan harus menghadapi FC Nuernberg, yang menempati urutan ketiga klasemen akhir Divisi Dua, pada 20 dan 24 Mei 2016 untuk menentukan satu tempat di Bundesliga musim depan

Pesta juara Muenchen di Allianz Arena semakin sempurna dengan kemenangan manis 3-1 atas Hannover, yang melengkapi prestasi Muenchen musim ini dengan menempatkan Robert Lewandowski sebagai pencetak gol terbanyak dengan 30 gol serta penjaga gawang Manuel Neuer yang mencatatkan 21 pertandingan tanpa kebobolan musim ini.

Di markas Borussia Dortmund, Signal Iduna Park, berkat tendangan bebas Marco Reus pada menit 75 tuan rumah menyelamatkan muka di hadapan pendukungnya dengan hasil imbang 2-2 melawan FC Cologne setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Bergeser ke Merck-Stadion, tim tamu Borussia Moenchengladbach meraih kemenangan 2-0 atas Darmstadt untuk memastikan meraih satu tiket ke babak playoff Liga Champions musim depan, mendampingi Muenchen, Dortmund dan Leverkusen.

Leverkusen sendiri menutup musim ini dengan kemenangan 3-2 atas FC Ingolstadt lewat gol-gol dari Charles Aranguiz, Kevin Kampl dan Stefan Kiessling di BayArena.

Sementara itu FC Schalke meraih kemenangan 4-1 dalam lawatan ke markas TSG Hoffenheim untuk memastikan diri menempati urutan kelima klasemen akhir, antara lain juga berkat hasil imbang tanpa gol yang terjadi di laga FSV Mainz kontra Hertha Berlin.

Satu laga lain, tuan rumah FC Augsburg harus menelan kekalahan 1-3 dari Hamburg SV akibat kegagalan mereka mengantisipasi bola-bola mati.

Berikut hasil lengkap rangkaian pertandingan pekan pamungkas Bundesliga Jerman yang berlangsung Sabtu seturut laman resmi liga. (tuan rumah disebut pertama, pemenang dicetak tebal)

FSV Mainz 0 - Hertha Berlin 0
Bayer Leverkusen 3 - FC Ingolstadt 2 (Charles Aranguiz 31', Kevin Kampl 37', Stefan Kiessling 61'; Mathew Leckie 16', Mortiz Hartmann 69')
Borussia Dortmund 2 - FC Cologne 2 (Gonzalo Castro 11', Marco Reus 75'; Anthony Modeste 27', Milos 43')
FC Augsburg 1 - Hamburg SV 3 (Alfred Finnbogason 11'; Michael Gregoritsch 36', 74', Nicolai Muller 62')
Bayern Muenchen 3 - Hannover 1 (Robert Lewandowski 12', Mario Goetze 28', 54'; Artur Sobiech 66')
Darmstadt 0 - Borussia Moenchengladbach 2 (Thorgan Hazard 31', Andre Hahn 63')
Werder Bremen 1 - Eintracht Frankfurt 0 (Papy Djilobodji 88')
TSG Hoffenheim 1 - FC Schalke 4 (Mark Uth 41'; Klaas-Jan Huntelaar 7', Eric Maxim Choupo-Moting 14', Leroy Sane 56', Fabian Schaar bd-89')
VfL Wolfsburg 3 - VfB Stuttgart 1 (Maximilian Arnold 11', Andre Schuerrle 29', 90+2'; Daniel Didavi 78')

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016