Jakarta (ANTARA News) - Rangkaian laga pekan pamungkas Liga Utama Inggris 2015/2016 rampung digelar pada Minggu, menyisakan satu pertandingan Manchester United kontra AFC Bournemouth yang harus ditunda lantaran temuan paket mencurigakan di tribun penonton Stadion Old Trafford.

Sementara MU masih harus mengadu nasib mereka di laga susulan yang waktunya belum ditentukan, sejumlah klub meraih hasil positif kala menutup musim ini.

Arsenal menjadi tim yang meraih keuntungan paling besar dari hasil rangkaian pekan pamungkas, anak-anak asuhan Arsene Wenger itu meraih kemenangan telak 4-0 atas Aston Villa di Stadion Emirates, London.

Sementara itu kekalahan memalukan dialami Tottenham Hotspur di markas Newcastle United St. James Park, di mana tim besutan Mauricio Pochettino itu harus takluk 5-1 dari 10 pemain tim yang musim depan akan berlaga di Divisi Championships itu.

Hasil dua laga tersebut mengantarkan Arsenal menempati posisi kedua klasemen akhir dengan raihan 71 poin, menggusur Tottenham yang hanya punya 70 poin.

Beralih ke Stadion Liberty, Wales, tuan rumah Swansea City berhasil menahan imbang Manchester City dengan skor 1-1. Meski bermain imbang, City yang memiliki 66 poin kemungkinan besar tetap akan berakhir di posisi keempat klasemen dan meraih satu tiket ke babak playoff Liga Champions, sebab jikapun MU bisa menyamai perolehan poin City tim besutan Louis van Gaal itu harus meraih kemenangan dengan selisih 13 gol atau lebih untuk bisa mengungguli City.

Penundaan laga MU juga mengijinkan Southampton yang membantai Crystal Palace 4-1 di Stadion St. Mary untuk sementara naik ke peringkat lima klasemen dengan raihan 63 poin.

Sementara itu kembalinya Claudio Ranieri ke Stamford Bridge dengan "berkalungkan" medali emas juara Liga Utama Inggris seolah menjadi pembuktian kepada sang taipan Roman Abramovic yang memecatnya beberapa tahun lalu, meski pada akhirnya di laga pamungkas Leicester City hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Chelsea.

Di Goodison Park, Everton yang baru saja memecat Roberto Martinez dan didampingi pelatih sementara David Unsworth meraih kemenangan meyakinkan 3-0 atas Norwich City, yang mengangkat mereka finis satu strip lebih tinggi dengan koleksi 47 poin di urutan 11.

Sedangkan Stadion Britannia menjadi saksi kesuksesan Stoke City bangkit dari ketertinggalan untuk menumbangkan West Ham United 2-1 berkat dua gol di paruh kedua pertandingan.

Dua laga lainnya, Watford kontra Sunderland dan West Bromwich Albion menjamu Liverpool masing-masing berakhir imbang 2-2 dan 1-1.

Watford yang dua kali tertinggal oleh Sunderland akhirnya meraih hasil imbang 2-2 berkat eksekusi penalti Troy Deeney, sementara tim berisi pemain muda dan pemain lapis kedua Liverpool berhasil mencuri satu poin dari The Hawthorns berkat gol perdana Jordon Ibe yang menggagalkan keunggulan WBA.

Berikut adalah hasil lengkap seluruh pertandingan yang berlangsung di pekan pamungkas Liga Utama Inggris pada Minggu seturut laman resmi liga. (tuan rumah disebut pertama, pemenang dicetak tebal)

Arsenal 4 - Aston Villa 0 (Olivier Giroud 5', 78', 80', Mark Bunn bd-90+2')
Chelsea 1 - Leicester City 1 (Cesc Fabregas p-66'; Daniel Drinkwater 82')
Everton 3 - Norwich City 0 (James McCarthy 19', Leighton Baines p-44', Kevin Mirallas 48')
Manchester United - Bournemouth *laga ditunda
Newcastle United 5 - Tottenham Hotspur 1 (Georginio Wijnaldum 19', p-74', , Aleksandar Mitrovic 39', Rolado Aarons 85', Daryl Janmaat 86'; Erik Lamela 60')
Southampton 4 - Crystal Palace 1 (Sadio Mane 43', Graziano Pelle 61', Ryan Bertrand p-75', Steven Davis 87'; Jason Puncheon 64')
Stoke City 2 - West Ham United 1 (Giannelli Imbula 55', Mame Biram Diouf 88'; Michail Antonio 23')
Swansea City 1 - Manchester City 1 (Andre Ayew 45+1'; Kelechi Iheanacho 5')
Watford 2 - Sunderland 2 (Sebastian Proedl 48', Troy Deeney p-61'; Jack Rodwell 39', Jermain Lens 51')
West Bromwich Albion 1 - Liverpool 1 (Salomon Rondon 13'; Jordon Ibe 23')

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016