Bandung (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono dan tim Sekretariat Jenderal MPR RI meninjau gladi persiapan Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada Selasa ( 31/5 ) yang akan diselenggarakan tanggal 1 Juni 2016 esok.

"Saya lihat persiapannya bagus ya, sesuai dengan rencana acara yang sudah dipersiapkan.  Walaupun ada sedikit kesalahan bisa diperbaiki lagi dan dilakukan geladi lagi sampai semua siap.  Tapi pada umumnya semua elemen utama dan pendukung acara siap," kata Ketua MPR, usai menyaksikan gladi persiapan.

Zulkifli beserta rombongan menyaksikan geladi persiapan rangkaian acara mulai dari awal sampai akhir, sampai penampilan tamu-tamu VVIP dan VIP disimulasikan secara runut. Elemen-elemen pendukung seperti paduan suara, pementasan seni dan teatrikal juga disimulasikan.

Ketua MPR dan Sekretaris Jenderal MPR beberapa kali berkeliling tempat acara memastikan semua siap dan tidak ada kendala apapun.

Ketua MPR berharap rangkaian acara sampai puncak acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 berjalan lancar dan sukses.

"Ini adalah acara bangsa acara rakyat memperingati sejarah tentang pembentukan dasar negara Pancasila dan menghormati para pendiri bangsa salah satunya Bung Karno.  Sejarah penting seperti ini harus dipelajari dan diketahui rakyat terutama generasi muda bangsa agar lebih mencintai para pendiri bangsa dan Pancasila," pungkasnya.

Geladi persiapan sendiri berlangsung sejak pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Seluruh pendukung utama dan elemen pendukung lainnya terlihat serius dalam melakukan geladi persiapan.

Rencananya esok hari, tanggal 1 Juni 2016, Presiden RI, Pimpinan MPR RI dan para tamu undangan akan melakukan parade berjalan kaki sepanjang jalan Asia Afrika sampai ke dalam gedung Merdeka Bandung dan mengikuti acara puncak Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945.

Pewarta: Ida Nur Cahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016