Lombok (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan penyaluran bantuan sosial dalam bentuk nontunai lewat Layanan Keuangan Digital (LKD) akan diuji coba pada 26 Juni 2016.

"Pada 26 Juni kita mau uji coba di Malang yang akan menggunakan voucher," kata Mensos di Lombok, Sabtu.

Dia menjelaskan uji coba penyaluran bansos secara nontunai tersebut untuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun program subsidi pangan melalui beras sejahtera (rastra).

Lebih lanjut dia mengatakan uji coba juga akan dilaksanakan di 18 provinsi yang terdiri dari  74 kabupaten/kota termasuk Lombok, Banjarmasin dan Palembang, yang menyasar total lebih dari 600 ribu keluarga sangat miskin peserta PKH.

"Agen-agennya sudah diidentifikasi. Jadi ada tiga bank yang sudah selesai di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan sudah MoU dengan Bank Indonesia," katanya.

Mensos mengatakan penyaluran bantuan sosial dengan format nontunai mengajak warga untuk gemar menabung.

Format dana bansos PKH nontunai selain akan lebih tepat sasaran juga bisa memupus kekhawatiran akan ada upaya pemotongan karena notifikasi ada berada pada chip masing-masing penerima bantuan

Kelebihan lain dari format pencairan dana PKH nontunai adalah warga penerima bisa mengakses tanpa harus mengantre, terlebih jika agen LKD dekat dari rumah para penerima.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016