Jakarta (ANTARA News) - Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) menyatakan siap menghadapi era masyarakat nirkertas ("paperless society"), di mana transaksi pembayaran dilakukan secara elektronik.

"Untuk menghadapi paperless society, kami mempersiapkan anak perusahaan Peruri Digital Security. Namun semua dilakukan secara perlahan, tidak bisa terburu-buru," kata Direktur Utama Peruri Prasetio di Kantor Pusat Peruri, Jakarta, Senin.

Menurut Prasetio, dirinya memprogramkan perusahaan yang dipimpinnya untuk masuk ke sektor digital seperti pembayaran bergerak ("mobile payment").

Namun, dia yakin sampai lima tahun ke depan, kebutuhan akan uang tunai belum berkurang. Saat ini, rata-rata setiap Peruri mencetak sekitar 9,5 lembar uang kertas dan 1,8--2,1 miliar keping uang logam.

Bahkan, Peruri berencana membangun pabrik kertas uang di Karawang, Jawa Barat, yang ditargetkan selesai pada 2017.

Saat ini Peruri masih melakukan penjajakan dengan investor yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Sementara terkait persiapan Ramadhan 2016, Peruri menyatakan tidak ada perubahan jumlah uang yang dicetak untuk Bank Indonesia.

Sampai semester I 2016, Peruri mencetak 4,5 miliar uang kertas dari 9,5 miliar yang disalurkan ke Bank Indonesia pada tahun 2016.

Pewarta: Michael TA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016