Los Angeles (ANTARA News) - Pemain golf dunia Tiger Woods, pada Minggu waktu setempat, menyampaikan indikasi kuat tidak akan kembali berkompetisi pada 2016 dan mengaku harus menjalani proses penyembuhan setelah operasi punggung.

Mantan pegolf peringkat satu dunia itu tidak mengikuti turnamen PGA Tour sejak melakukan operasi tulang belakang mikrodisektomi pada September 2015. Wood juga telah memutuskan untuk tidak terburu-buru kembali mengikuti kompetisi menyusul usianya yang menginjak 40 tahun.

"Saya akan bermain, hanya saja saya butuh lebih banyak waktu," kata Woods pada putaran final turnamen Quicken Loans National di Maryland, AS.

"Saya perlu mendapatkan kekuatan. Saya butuh penyembuhan cepat dan itu butuh waktu."

"Saya bukanlah orang yang benar-benar sabar mengenai hal itu... menjalani sejumlah cedera, menjalani sejumlah rehabilitasi dan saya dapat kembali untuk memenangkan gelar juara turnamen besar. Tapi, kali ini berbeda. Kali ini, saya telah lebih tua dan membutuhkan sedikit lebih lama untuk penyembuhan dan saya akan melakukannya dengan benar jadi saya tidak akan kembali menjalani operasi yang lain," kata Woods.

Woods, yang melorot dalam beberapa tahun belakangan karena cedera dan penguasaan ayunan pukulan baru, mengira kondisinya telah kembali setelah mencoba melalui hole ke-10 pada Kejuaaan Wyndham pada Agustus 2015.

Namun tiga pekan selepas kejuaraan itu, ia harus menjalani operasi mikrodisektomi kedua untuk mengurangi tekanan pada ruas tulang punggung bawahnya sebelum menjalani prosedur pada 28 Oktober di area yang sama.

Woods yang telah menjalani operasi punggung pertama pada awal 2014 mengaku ingin kembali bermain pada 2016 demi meningkatkan peringkat dunianya.

"Saya berusaha. Setiap hari, saya telah berusaha berlatih kadang tiga kali sehari. Saya telah lebih kuat dan sedikit lebih cepat dibanding perkiraan sebelumnya," ujarnya.

Pemain yang telah menjuarai 14 turnamen utama itu mengatakan persoalan mental bukan lagi halangan baginya karena telah menjalani operasi tulang punggung sebanyak tiga kali.

Woods juga mengaku tertekan ketika hanya menjadi penonton siaran televisi saat rekan-rekannya sesama pemain golf memenangi berbagai turnamen besar.

"Saya tahu saya dapat bermain. Hanya saja, saya tidak dapat melakukannya sekarang. Saya memberikan kesempatan untuk badan saya agar dapat kembali bermain," katanya seperti dikutip dari Reuters.

(Uu.I026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016