Jakarta (ANTARA News) - Kongres Kehutanan Indonesia (KKI) ke VI yang merupakan ajang berkumpulnya para pemerhati kehutanan Tanah Air akan digelar pada 30 November-2 Desember 2016 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

KKI VI merupakan kegiatan lima tahunan yang digelar oleh Dewan Kehutanan Nasional (DKN). Kendati telah digelar sejak 1956, kongres tersebut tidak berjalan lancar karena baru kembali digelar pada 1990, 2001, 2006 dan 2011 lalu.

"KKI VI ini merupakan arena berkumpulnya para rimbawan Indonesia untuk membahas segala masalah kehutanan juga sejumlah bidang terkait," kata Ketua Presidium DKN Agus Justianto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin petang.

Kegiatan KKI VI yang mengambil tema "Reposisi Kehutanan Indonesia Menuju Terlaksananya Tata Kelola Kehutanan yang Baik" akan didahului oleh rangkaian kegiatan prakongres yang akan digelar di tujuh wilayah, yakni Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Ada pun isu-isu yang akan dibahas dalam kegiatan prakongres di sejumlah wilayah antara lain Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), optimalisasi tata kelola dan gerakan nasional penyelamatan sumber daya alam, pemberdayaan dan resolusi konflik, kebakaran lahan dan hutan, restorasi ekosistem dan gambut, bisnis kehutanan dan SVLK (sistem verifikasi legalitas kayu), masyarakat adat, serta perubahan iklim (REDD+).

"Dengan pembahasan berbagai isu itu, hasil yang kami harapkan adalah rekomendasi yang diharapkan bisa disampaikan kepada pemerintah. Terlebih DKN merupakan mitra pemerintah untuk memberi masukan konstruktif dan konkret soal isu kehutanan," jelasnya.

Agus menuturkan, DKN merupakan lembaga yang dibentuk sejalan dengan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yang menyebutkan bahwa masyarakat berhak menikmati kualitas lingkungan hidup yang dihasilkan hutan dan turut berperan serta dalam pengelolaan hutan.

"Dalam UU 41/1999 ini, disebutnya sebagai mitra pemerintah yaitu forum pemerhati kehutanan dan keterlibatan publiknya tercermin dari keanggotaan presidium dari kalangan pemerintah, bisnis, masyarakat, LSM, akademis serta dari regional (wilayah)," katanya.

Agus menambahkan, dalam rangkaian kegiatan KKI VI nanti, akan ada pemilihan anggota presidium DKN untuk periode selanjutnya sebagai puncak acara.

"Puncaknya nanti ada pemilihan anggota presidium. Ada pun kegiatan kali ini merupakan hajatannya anggota presidium periode 2011-2016," ujarnya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016