Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Kondisi sama selalu berulang saban mudik Lebaran, yaitu macet dan padat, juga hingga di toilet di tempat-tempat istirahat jalur mudik. Berkemih dan lain-lain sangat manusiawi dan menjadi keperluan tidak bisa ditunda jika sudah tiba saatnya. 

Di banyak tempat peristirahatan di jalan tol Jakarta-Cikampek, pemudik sudah sangat padat dan "menyerbu" toilet setelah berkendara cukup jauh, lama, dan melelahkan. Namun jumlah toilet umum sangat terbatas. 

"Saya beberapa kali ingin masuk tempat istirahat, tapi kondisinya selalu sangat padat," kata Sastro, pemudik dari Jakarta yang akan ke Wonogiri saat ditemui di pos pengamanan jalan tol Jakarta-Cikampek di kilometer 66, wilayah Karawang, Sabtu. 

Jadilah dia numpang-numpang ke toilet pos pengamanan di tempat istirahat tol Jakarta-Cikampek itu. Dia jelas tidak sendirian karena banyak pemudik yang singgah di tempat istirahat di sana, melakukan hal sama. 

Jadinya, pos pengamanan itu cukup ramai dipadati pemudik yang ingin berhajat. Petugas di tempat istirahat itu, kata dia, sama sekali tidak menutup tempat istirahat itu dari pemudik yang ingin sekedar ngaso dan lain sebagainya.

Akan tetapi jumlah kendaraan yang masuk, kata dia, memang sangat banyak sehingga dia batal masuk tempat istirahat dan memilih beristirahat di pos pengamanan. 

Dia berharap  jalan Tol Jakarta-Cikampek pada H-4 Lebaran atau Idul Fitri 1437 Hijriah kali ini aman dan bebas dari kecelakaan lalu-lintas atau hal-hal merugikan lain. 

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016