Medan (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) menyerahkan 250 kitab suci Alquran ke Masjid Jami di Belawan, Sumatera Utara.

"Dari 250 jumlah Al Quran itu, dan 50 diantaranya merupakan Alquran terjemahan," ujar Kepala Humas Pelindo I Fiona Sari Utami di Medan, Minggu.

Al Quran tersebut, menurut dia, diserahkan oleh Direktur SDM dan Umum Pelindo I M. Hamied Wijaya kepada Badan Kenaziran Masjid Jamik yang diwakili oleh Irfan Ramidin.

Selama bulan Ramadhan ini, menurut dia, Pelindo I melaksanakan kegiatan ceramah agama sebelum waktu Shalat Zuhur, tadarus Al Quran, infaq dan sedekah dan kajian muslimah.

"Kegiatan lainnya yang akan dilakukan oleh Pelindo I adalah santunan duafa, hari donasi, santunan baju Lebaran, pengumpulan zakat, dan gerakan mukena bersih berupa pengumpulan mukena untuk dibagikan ke masjid/mushalla," ujar Fiona.

Direktur SDM dan Umum Pelindo I M Hamied Wijaya mengatakan pemberian infaq berupa pembagian Al Quran ini merupakan salah satu kegiatan Pelindo I selama bulan Ramadhan 1437 H, dimana infaq ini berasal dari seluruh pegawai Pelindo I.

"Kegiatan sedekah dan infaq ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan mampu menghadirkan spirit silaturahim dan persaudaraan yang kuat, khususnya dengan masyarakat di sekitar wilayah kerja Pelindo I," ujar Hamied.

Badan Kenaziran Masjid Jami Irfan Ramidin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pelindo I atas program berbagi Al Quran ini.

"Semoga Al Quran ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh umat muslim yang berada di Belawan untuk lebih meningkatkan kualitas iman dan amal ibadah," kata Irfan.

Kegiatan berbagi Al Quran ini juga dilakukan oleh cabang-cabang yang dikelola oleh Pelindo I, dan salah satunya Cabang Pelabuhan Belawan. Cabang Pelabuhan Belawan turut membagikan 100 Al Quran dan 20 tafsir Al Quran kepada beberapa masjid yang tersebar di lingkungan Pelabuhan Belawan.

Selain berbagi Al Quran, dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H ini, Pelindo I juga mengadakan berbagai kegiatan dengan mengambil tema "Ramadhan Aktif, Ramadhan Bersih".

Kegiatan tersebut seperti ceramah Ramadhan setiap harinya di Masjid Al Bahar kantor pusat Pelindo I.

Kemudian, kajian muslimah, tadarus Al Quran, belajar baca Al Quran untuk sekuriti, dan pesantren kilat Ramadhan yang diikuti oleh anak-anak pegawai untuk memberikan edukasi tentang khasanah Islam serta kegiatan lainnya.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016