Jakarta (ANTARA) -
ayasan Muslim Sinar Mas (YMSM) bersama APP Group mewakafkan 1.000 mushaf Al Quran kepada mereka yang tinggal di pulau terluar Nusantara agar tetap dapat memperkuat nilai keislaman serta akhlak mulia pada bulan Ramadhan.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh YMSM di Jakarta pada Rabu, disebutkan, penyaluran Al Quran tersebut akan dibantu oleh TNI AL ke sarana peribadatan pada sejumlah KRI, Koarmada, Pangkalan dan perumahan TNI AL yang berada di pulau terluar.
 
“Harapan kami, saudara-saudara kita dapat lebih leluasa membaca, memahami dan memaknai nilai yang terkandung di dalamnya, khususnya di bulan Ramadhan,” kata anggota Dewan Pengawas YMSM Irsyal Yasman.
 
Anggota Dewan Pembina YMSM sekaligus mantan Kepala Staf Angkatan Laut periode 2012-2014 Marsetio mengatakan inisiatif serupa pernah terlaksana di tahun 2021.
 
Kala itu, pihak yayasan bersama TNI AL menyalurkan mushaf hingga menjangkau Kepulauan Riau, seperti Natuna, Anambas, Tanjung Balai Karimun dan sebagian Nusa Tenggara Timur seperti Sumba Timur, Sumba Barat, Manggarai, juga sebagian wilayah di Sulawesi Utara.
 
“Dengan niat untuk berbagi, dan pelaksanaannya berlangsung secara bergotong royong, kini wakaf tertuju ke warga TNI AL di bawah naungan Komando Armada I yang berkedudukan di Tanjung Pinang, Koarmada II di Surabaya dan Koarmada III di Sorong beserta masyarakat yang ada di sekitarnya,” ujarnya.
 
Wakaf Al Quran adalah kegiatan rutin yang ditaja Sinar Mas bersama pilar usahanya di sektor pulp dan kertas, APP Group, menggandeng pula pilar lainnya.
 
Sampai saat ini, ada 1,3 juta mushaf yang sudah disebarluaskan sejak tahun 2008 ke berbagai pelosok negeri, bermitra dengan pemerintah, TNI dan Polri, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, serta komunitas profesi.
 
Inisiatif corporate social responsibility itu memanfaatkan kertas premium Sinar Tech, atau dikenal juga sebagai Quran Paper, yang pengembangan hingga produksinya dilakukan APP Group khusus untuk pencetakan kitab suci dan buku agama.
 
Sementara keberadaan YMSM di lingkup Sinar Mas mewadahi praktik ke-Islam-an yang terbuka, toleran, setara, dan penuh kasih di lingkup seluruh pilar usaha.
 
Prinsip yang demikian menjadikannya sebagai energi dalam meningkatkan ketakwaan sekaligus produktivitas kerja. Sementara ke luar, yayasan mendorong silaturahim sekaligus sinergi bersama sosok maupun lembaga keagamaan, melalui berbagai kegiatan sosial, dan pendidikan.

Baca juga: Kemenag salurkan 34 ribu Mushaf Al Quran dan Yasin ke-34 provinsi

Baca juga: Kemenag terbitkan mushaf Al Quran terjemahan bahasa Melayu Ambon

Baca juga: Kemenag sediakan 10 jenis master mushaf Al Quran siap cetak

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024