Jakarta (ANTARA News) - Kebanyakan siswa sekolah dihukum karena perilaku buruk atau merusak. Namunmereka yang satu sekolah dengan aktris Emma Watson yang berperan sebagai Hermione Granger di film Harry Potter harus menghadapi risiko masuk ruang detensi usai jam sekolah jika berani berbicara pada Emma.

Hal itu akhirnya terungkap kemarin setelah salah seorang mantan teman sekolah Emma mengatakan para siswa dilarang mendekati sang bintang jika dia terlihat berjalan di koridor.

Siapapun yang berani melanggar aturan, "membuat Nona Watson merasa seperti orang kebanyakan", akan kena hukuman.

Nona Watson, kini berusia 26 tahun, memerankan Hermione Grange di film Harry Potter tapi saat tidak berada di depan kamera dia bersekolah di sekolah eksklusif Headington, Oxford dengan bayaran 30.000 pound per tahun atau sekitar Rp523.925.523.

Meski ada beberapa siswa yang mengetahui kesuksesannya itu, jika bukan teman dekat Nona Watson, maka mereka dilarang untuk memberi selamat atau meminta tanda tangan.

Para orang tua dari siswa di sekolah khusus puteri tempat Watson bersekolah diberi tahu jika puteri-puteri mereka  bisa diganjar dengan "angka penalti" yang akan berakhir dengan detensi jika siswa sudah pernah mendapat sampai dengan tiga penalti.

Salah seorang mantan siswa, yang di tahun ketujuh saat Watson duduk di kelas 10 menceritakan perlakuan istimewa yang diterima Emma saat duduk di bangku sekolah.

Dia mengatakan: "Dia banyak bekerja syuting film saat dia masih sekolah jadi dia sering tidak masuk, tapi saat dia masuk, tak ada satu orang pun yang boleh berbicara dengannya, kecuali kalau kau temannya."

"Saya rasa sekolah melakukannya supaya dia merasa seperti anak-anak yang lainnya. Saya rasa tak pernah ada satu anak pun yang mencoba berbicara dnegannya, kami hanya pernah melihatnya sekali-kali."

Ancaman hukuman itu efektif, menurut salah seorang siswa: "Saya pikir kita semua melakukan apa yang disuruh."

Siswi lainnya, Lydia, mengatakan: "Tak ada yang pernah berani meminta tanda tangannya. Saya ingat diberi tahu soal itu secara formal dan saya sangat takut mendapat angka penalti. Pada saat itu rasanya sangat memalukan kalau dapat penalti."

Para mantan siswa sekolah itu diwawancara The Tab, sebuah koran sekolah yang terbit awal minggu ini dan mengaku banyak "Headingtonians" pernah bertemu Watson.

Fionnuala Gregan mengatakan: "saya pernah sekali bersandar di bangku kafetaria dan punggung saya menyentuh dia." Sementara Zoe Wilks ditanya oleh sang bintang, "Apakah ini antrean pasta?"

Lulusan lain yang meminta disebut Lucy, mengatakan ada larangan berbicara soal Harry Potter di dekat Emma.

Nona Watson kini memiliki kekayaan hingga 35 juta pound dan setelah tahun 2011, akhir franchise film Harry Potter, dia memiliih fokus belajar dan bekerja sebagai Duta PBB.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016