Jakarta (ANTARA News) - Sidang tahunan MPR akan mendengarkan pidato Presiden yang menyampaikan capaian pemerintah selama satu tahun terakhir kepada masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara usai membuka Forum Tematis Kehumasan Sekretariat Jenderal MPR RI di Gedung DPR/MPR/DPD RI Jakarta, Rabu mengatakan dalam pidato nantinya masyarakat dapat mengetahui apa yang sudah dicapai oleh pemerintah.

"Momen yang sangat bagus, salah satu substansi adalah sidang tahunan MPR dimana nanti pemerintah dalam hal ini presiden menyampaikan pidatonya," kata Menkominfo.

Ia mengatakan agar pesan dan informasi mengenai apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan pemerintah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat maka perlu koordinasi yang baik untuk proses komunikasi yang akan dilakukan.

Salah satu kanal komunikasi yang digunakan adalah peran humas di kementerian dan lembaga negara.

"Betapa besar tugas kehumasan pemerintah sesuai direktif Bapak Presiden Joko Widodo, humas tidak semata mengkomunikasikan kebijakan pro kerakyatan dari pemerintah tapi juga membangun nation branding," tutur Rudiantara.

Ia menegaskan forum tematis yang dihadiri oleh semua petugas humas kementerian dan lembaga tersebut, berperan dalam saling berbagi informasi kebijakan strategis.

"Tahun ini MPR menyelenggarakan Sidang Tahunan untuk mendengarkan laporan kinerja lembaga negara kepada publik tentang pelaksanaan UUD tahun 1945," ujarnya.

Rudiantara mengharapkan sidang tahunan bisa menjadi sarana komunikasi antara penyelenggara negara dengan masyarakat mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal MPR RI Maruf Cahyono mengatakan agenda sidang tahunan MPR RI pada 2016 adalah mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo.

Sidang ini menjadi forum fasilitasi dari MPR untuk laporan kinerja lembaga negara yang disampaikan Presiden.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016