Jakarta (ANTARA News) - Neymar mencetak gol kemenangan Brasil atas Kolombia dengan skor 2-1 pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Amazonia Manaus, Brasil, Rabu WIB.

Tambahan tiga poin hasil kemenangan membawa Brasil melesat dari peringkat lima ke posisi dua klasemen sementara dengan perolehan 15 poin atau satu poin di bawah Uruguay di puncak klasemen. Adapun Kolombia turun dua tingkat ke posisi lima dengan 13 poin.

Pada jalannya laga, Brasil mengejutkan Kolombia lewat gol yang dicetak Miranda saat laga baru menginjak menit ke-2. Miranda membobol gawang Ospina menggunakan sundulan setelah menyambut umpan silang Neymar.

Namun Kolombia menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri Marquinhos yang salah mengantisipasi tendangan bebas James Rodriguez pada menit 36.

Pada pertengahan babak kedua, pelatih Brasil Leonardo "Tite" Bacchi memasukkan playmaker Liverpool Philippe Coutinho menggantikan Willian.

Pergantian taktik itu terbukti membuahkan hasil untuk Brasil. Coutinho menjadi pengumpan bola yang diteruskan dengan tendangan mendatar Neymar untuk menjadi gol pada menit 74.

Coutinho kembali membahayakan pertahanan Kolombia saat berlari dan masuk ke dalam kotak penalti, namun ia terlalu lama mengambil keputusan untuk menembakkan bola sehingga bola berhasil diamankan pemain Kolombia. Skor 2-1 untuk kemenangan Brasil bertahan hingga laga usai, demikian laporan pertandingan Conmebol.

Susunan pemain kedua tim:

Brasil (4-3-3):
Alisson; Alves, Marquinhos, Miranda, Marcelo; Renato Augusto, Casemiro, Paulinho (Guiliano); Willian (Coutinho), Gabriel Jesus, Neymar.

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Medina, Jeison Murillo, Oscar Murillo, Diaz; Barrios, Sanchez; James, Torres (Cuadrado), Muriel; Bacca (Roger Martinez).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016