Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menyiapkan tiga titik yang akan menjadi lokasi puncak peringatan Hari Pahlawan pada 10 November mendatang.

"Kita persiapan di TMP Kalibata, di Surabaya juga seperti tahun lalu dan di perairan Teluk Jakarta untuk upacara tabur bunga di laut," kata Dirjen Perlindungan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, seperti peringatan Hari Pahlawan tahun lalu di Surabaya dengan inspektur upacara Presiden. Sementara di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata dipimpin oleh Wakil Presiden serta tabur bunga di laut oleh Ketua DPR.

Selain upacara sebagai puncak peringatan, berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangkaian Hari Pahlawan antara lain roadshow pengenalan atau penanaman nilai kepahlawanan ke sekolah-sekolah dengan tema "Pahlawan go to School", Bhakti Negeri untuk Pahlawan terkait pembacaan puisi oleh tokoh.

Juga seperti tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan ramah tamah dengan keluarga pahlawan, olimpiade pahlawan yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, napak tilas, kunjungan ke museum dan lainnya.

Ketua panitia peringatan Hari Pahlawan Bambang Sulistomo mengatakan selain peringatan Hari Pahlawan yang bersifat peringatan-peringatan, juga diinginkan ada upaya untuk menggali kembali nilai-nilai kepahlawanan, nilai-nilai pengorbanan, pengabdian, ketulusan dan kejujuran untuk memperjuangkan bangsa ini secara ikhlas dan tulus.

"Itu yang ingin kita gali di sini agar generasi muda bisa menyelesaikan masalah-masalah masa depannya lebih baik lagi dari kita," ujar putra Pahlawan Nasional Bung Tomo tersebut.

Karena menurut Bambang, realitas saat ini terjadi krisis nilai dari generasi muda terhadap nilai-nilai kepahlawanan dan kurangnya pengetahuan tentang figur pahlawan nasional.

"Ini realitas saja bukan hanya bicara nilai kepahlawanan semua nilai pun terjadi krisis nilai dari anak muda karena mereka mungkin barangkali figur pahlawan saja mereka lebih melihat figur jagoan-jagoan dalam film kartun atau komik," tambah Bambang.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016