Jakarta (ANTARA News) - PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) secara resmi mengumumkan peluncuran fasilitas pusat data baru berstandar internasional, bernama Lintasarta Technopark Data Center, Senin (26/9), di Jakarta.

Kehadiran Lintasarta Technopark Data Center semakin menunjukkan komitmen serta mengukuhkan Lintasarta sebagai perusahaan yang terdepan dalam memberikan layanan pusat data terbaik kepada pelaku industri, setelah fasilitas pusat data di Jatiluhur diluncurkan pada awal 2016 lalu, kata Lintasarta, dalam siaran persnya.

Lintasarta Technopark Data Center telah tersertifikasi Data Center Tier III untuk kategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute. Sertifikasi ini melengkapi sertifikat Data Center Tier III kategori Tier Certification of Design Documents (TCDD) yang telah didapat sebelumnya.

Presiden Direktur Lintasarta, Arya Damar, mengatakan, fasilitas terbaik menjadi jaminan Lintasarta Technopark Data Center dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pelaku bisnis dari berbagai sektor industri.

Uptime Institute merupakan lembaga internasional yang memiliki standar sistem klasifikasi Tier untuk para penyedia pusat data di seluruh dunia. Uptime Institute telah mengevaluasi secara menyeluruh terhadap Lintasarta Technopark Data Center hingga dinyatakan telah memenuhi persyaratan serta standar Data Center Tier III untuk TCCF.

Menurut dia, saat ini pelaku bisnis dari berbagai sektor industri seperti perbankan, asuransi, pemerintahan, minyak dan gas (migas), pertambangan, transportasi, dan kesehatan menuntut layanan pusat data dengan tingkat ketersediaan yang semakin tinggi. Hal ini untuk memastikan  kegiatan operasional perusahaan bisa tetap berjalan tanpa gangguan berarti.

Lintasarta Technopark Data Center memberikan jaminan kualitas layanan dengan beberapa keunggulan di antaranya, kecanggihan teknologi dalam meningkatkan efisiensi.

Dengan luas 2.200 m2, pusat data ini didukung kemampuan memberikan daya terus menerus dari teknologi Diesel Rotary Uninterruptible Power Supplies (DRUPS) dan sistem pendinginan berkesinambungan (continuous cooling), sehingga mampu mendukung komputasi berdensitas tinggi.

Keunggulan lain, yakni memiliki aspek keamanan yang tinggi dengan menerapkan sistem keamanan berlapis, termasuk penjaga ganda keamanan, kontrol akses biometrik, CCTV dan Man-Trap berjalan selama 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Pusat data ini juga dilengkapi sistem proteksi kebakaran Very Early Smoke Detection (VESDA), detektor asap, dan Novec 1230 Fire Suppression System yang membuat proses pencegahan dan pemadaman api berjalan cepat.

Damar menambahkan, keunggulan ketiga Lintasarta Technopark Data Center diistilahkan sebagai Green Data Center yang ramah lingkungan serta memiliki efisiensi tinggi untuk jangka panjang.

Senior Director of Asia Pacific Development of Uptime Institute, Thomas Baehr, mengatakan, dengan telah diperolehnya sertifikasi Data Center Tier III untuk kategori TCCF dan TCDD membuat Lintasarta Data Center masuk ke dalam pusat data kelas dunia.

Melengkapi daftar sertifikasi, pusat data ini juga telah mendapatkan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yaitu sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan kepada lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu (kartu kredit, kartu debit, dll).

Pewarta: Suryanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016