Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 100 foto karya terbaik 43 fotografer berbagai media yang tergabung dalam organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar akan dipamerkan di dalam area Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan pada 16-23 Oktober 2016.

"Kegiatan ini bagian dari program kerja PFI Makassar bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Sulsel dan Bank Sulselbar untuk melaksanakan foto trip Explore South Sulawesi di 24 kabupaten/kota se Sulsel," tutur Ketua PFI Makassar Ocha Alim Bahri di Makassar, Sabtu.

Menurutnya, pelaksanaan foto trip di seluruh wilayah Sulsel adalah bagian dari bentuk kepedulian untuk menggali potensi wisata di daerah yang belum tersentuh untuk dipublikasikan begitupun daerah yang sudah dikenal tetap dipopulerkan.

Selain itu, pameran foto tersebut juga mendapat dukungan dari PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebagai tempat penyelenggaraan acara. PFI Makassar dapat berbangga diri karena foto-foto tersebut bisa dipamerkan di dalam bandara dan tidak semua organisasi mampu melakukannya.

Diketahui 43 Fotografer yang menampilkan karyanya yakni, Abdillah Fachny, Abriawan Abhe, Ardiansyah Bandoe, Darwin Fatir, Dewi Fajriani, Erick Didu, Esa Ramadana, Fahmi Ali, Ikhsan Arham, Iqbal Lubis, MD Fajar, Muh Fahrur Rasyid, Muhammad Abdiwan, Sanovra JR, Aldy Muchlis, Chairil Indra Jaya, Din Fathul, Hariandi Hafid, Hasrul Said, Herwin Gunadi.

Selanjutnya, Iqbal Regge, Iqbaluddin Ahmad, Ismail Amin, Kink Kusuma Rein, Maman Sukirman, Masyudi Syachban Firmansyah, Muhammad Idham Ama, Nurhadi,Paulus Tandi Bone, Rahmat Saputra, Sahrul Manda Tikupadang, Sakti Karuru, Yusran, Zul Kifli, Abbas Sandji, Arfah Aksa, Mukty Banderas, Muhammad Taufik, Ocha Alim Bachri, Taufiq Sirajuddin, Ahmad Alia, Muhammad Fadel, dan Reza Pahlevi.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khadafi mengatakan, pihaknya berharap dengan pameran foto explore South Sulawesi dengan menampilkan 100 foto terbaik akan semakin banyak orang yang mengenal keindahan alam, kekayaan budaya dan keramahan indonesia ala Sulawesi Selatan.

"Kita ingin agar para pengguna jasa Airport Sultan Hasanuddin Makassar yang transit dengan melihat pameran foto ini akan tertarik mengexplore Sulawesi Selatan di masa mendatang," katanya.

Pameran foto tambah mantan Kabag Humas Pemprov Sulsel ini menambahkan adalah bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-347 tahun. Dengan dukungan pihak Angkasa Pura maka semua bisa berjalan sesuai harapan memperkenalkan langsung kepada publik di bandara setempat.

Sedangkan General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Cecep Marga Sonjay dalam siaran persnya mengatakan, kegiatan itu sebagai bagian memeriahkan HUT Sulsel ke-347 tahun. Rencananya pameran dibuka Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Foto-foto tersebut akan dipamerkan di area ruang tunggu keberangkatan lantai 2 Bandara setempat. Pihaknya berharap pameran Foto ini mampu menarik minat calon penumpang yang akan meninggalkan Sulsel melalui Bandara bisa kembali lagi ke Sulsel untuk mengujungi destinasi dalam foto yang dipamerkan.

"Sesuai tema HUT ke-347, Sulsel selalu di hati, kami ingin membuat kesan yang menarik bagi seluruh pengguna jasa bandara. Oleh karena itu kami sangat mendukung Pemerintah Provinsi melaksanakan pameran foto di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin," katanya.

Pihaknya juga berharap kerja sama dengan pemerintah khususnya Dinas Pariwisata akan semakin ditingkatkan sehingga mampu mendongkrak peningkatan jumlah wisatawan mengunjungi Sulsel.

"Bukan hanya bandara penumpang transit, tapi kami berharap bandara ini kedepannya menjadi bandara tujuan. Kami terus berbenah dan mempercantik bandara termasuk meningkatkan fasilitas pelayanan bandara. Semua akan sia-sia bila tidak ada dukungan semua pihak. Kerja sama Pemprov dan Angkasa Pura diharapkan akan terus bersinergi," tambahnya.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016