Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian akan menggandeng pensiunan yang pernah bekerja di berbagai sektor industri untuk menjadi tenaga kerja di sekolah vokasi jurusan industri di seluruh Indonesia.

"Kemenperin akan mendorong ahli-ahli industri yang masuk usia pensiun, yakni 55 tahun, ditarik untuk mengajar di SMK. Kan mereka bisa mengajar sampe usia 64 tahun," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa.

Menurut Airlangga, para pensiunan yang berpengalaman dibidang industri tersebut akan dilatih pedagogi (ilmu pengajaran) atau seni dalam menjadi seorang guru, sebelum benar-benar mengajar di sekolah-sekolah.

"Semua dari dalam negeri. Ini sedang dipersiapkan regulasinya bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan, program yang ditirunya dari Jepang tersebut, sekaligus menjadi jawaban atas kurangnya tenaga ahli yang juga mengajar di sekolah vokasi.

"Kalau di Jepang itu ada namanya grey engineer. Jadi, engineer yang sudah pensiun dijadikan ekspatriat di negara-negara lain. Dengan meng-copy program semacam itu, kita mau ini ada di Indonesia," ungkap Airlangga.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016