Saya sekali lagi mengajak para calon peserta pendaftaran Poltekpar ini untuk betul-betul mempertimbangkan.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi pendaftaran Seleksi Bersama Masuk (SBM) Politeknik Pariwisata (Poltekpar) untuk tahun ajaran 2024/2025.
 
"Saya sangat bangga setiap kami melakukan penerimaan mahasiswa baru. Tahun ini kami akan membuka pendaftaran untuk tahun akademik 2024/2025," kata Menparekaf dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin.
 
Penerimaan mahasiswa baru Poltekpar bertema "Pendidikan Vokasi Berkualitas akan Menghasilkan SDM Pariwisata Unggul dan Berdaya Saing Internasional" ini, diharapkan dapat menjadi insan unggul untuk mampu bekerja dan berwirausaha guna menciptakan lapangan kerja baru serta menopang pemulihan ekonomi.
 
"Saya sekali lagi mengajak para calon peserta pendaftaran Poltekpar ini untuk betul-betul mempertimbangkan, karena ini adalah jalur untuk mencapai kesuksesan," katanya pula.
 
Ketua PMB Poltekpar TA 2024-2025 yang juga Direktur Poltekpar Bali Ida Bagus Putu Puja mengatakan, seleksi bersama masuk Poltekpar ini merupakan satu dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru, selain seleksi bersama, enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf, yakni Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar juga akan melakukan seleksi masuk mandiri yang dijadwalkan oleh masing-masing Poltekpar.
 
Proses seleksi bersama ini, ujar dia pula, dibagi menjadi tiga tahapan, pertama adalah tes skolastik dan literasi yang akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024. Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara pada 6-7 Juni 2024, tes kesehatan pada 10 Juni 2024.
 
"Untuk pendaftaran SBM ini, kami lakukan mulai hari ini tanggal 26 Februari 2024 sampai tanggal 4 Mei 2024," kata Puja.
 
Kepala Pusbang SDM Kemenparekraf Andar Danova L Goeltom menjelaskan kuota untuk penerimaan mahasiswa baru Poltekpar tahun ini sebesar 3.660 dengan pembagian 60 persen untuk jalur seleksi bersama masuk dan 40 persen untuk seleksi mandiri dengan target pendaftar sebanyak 14.460.
 
Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, sekolah di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif semuanya adalah sekolah vokasi.
Baca juga: Kemenparekraf buka peluncuran seleksi bersama PTNP 2022
Baca juga: Menparekraf buka Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024