Jakarta (ANTARA News) - PT. Bank Permata Tbk menunjuk mantan pimpinan Maybank Indonesia, Ridha DM Wirakusumah, sebagai Direktur Utama baru menggantikan Roy Arman Arfandy yang mengundurkan diri.

Wakil Komisaris Utama Bank Permata Gunawan Geniusahardja usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta, Selasa, mengatakan pemegang saham meminta Ridha untuk membawa Permata agar lebih baik dari kinerja sepanjang 2016.

"Kinerja perusahaan selama ini kalau bicara mengenai keuntungan sebelum provisi (pencadangan) bagus, lancar, memang ada pengaruh dari rasio kredit bermasalah,itu karena faktor ekonomi makro. Mudah-mudahan kita bisa menghadapi itu dengan baik dan fokus," kata Gunawan.

Gunawan mengatakan Ridha dipilih karena memiliki jam terbang yang mumpuni di bidang perbankan. Saat ini, Ridha bertanggung jawab sebagai Direktur Pelaksana di DNB Consulting and Investments Hong Kong. Pada 2009-2011, Ridha memimpin PT Maybank Indonesia Tbk. Kemudian, Ridah juga pernah memegang jabatan strategis di beberapa korporasi non-bank, seperti General Electric Company, General Electric Company, dan lainnya.

Sementara pimpinan lama Roy, kata Gunawan, mengundukan diri karena alasan pribadi. Roy, ujarnya, sudah lama ingin mengundurkan diri.

"Sebelumnya Roy sudah memberitahukan, dia berencana mengundurkan diri. Kami diminta cari penggantinya. Kami dikasih kesempatan (untuk mencari)," tuturnya.

Namun pengangkatan Ridha masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan. Selama menunggu persetujuan dari OJK, Direktur Perbankan Retail Bianto Surodjo ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama.

Selain untuk posisi Direktur Utama, RUPS Permata juga menunjuk Loh Tee Boon menggantikan Michael Alan Coye yang juga telah mengundurkan diri.

Loh Tee Boon merupakan Warga Negara Singapura dan saat ini menjabat Country Chief Risk Officer ASEAN and South Asia Cluster and Senior Credit Officer di Standard Chartered Bank Thailand.

Dalam RUPS Permata, tidak ada perubahan dalam susunan Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah. Secara rinci, susunan direksi Permata pasca-RUPS adalah :

Direktur Utama: Ridha DM Wirakusumah

Wakil Direktur Utama: Julian Loong Choon Fong

Direktur Kepatuhan merangkap Direktur Independen : Mirah Dewi W.

Direktur: Sandeep Kumar Jain

Direktur: Indri Koesindrijastoeti H.

Direktur : Bianto Surodjo

Direktur: Anita Siswadi

Direktur: Abdy Dharma Salimin

Direktur: Loh Tee Boon

Direktur Unit Usaha Syariah: Achmad Kusna Permana.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016