Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana untuk membongkar gerbang tol Karang Tengah, Tangerang, agar tidak terjadi kemacetan panjang kendaraan dari arah Jakarta menuju Provinsi Banten.

"April 2017, Gerbang tol Karang Tengah ditiadakan kemudian dipindahkan ke Cikupa, Karawaci dan ke Alam Sutera," kata Budi Karya saat meninjau Gerbang Tol Karang Tengah, Tangerang, Banten, pada Selasa.

Dalam keterangan persnya, Menhub mengatakan, posisi gerbang tol Karang Tengah terlalu dalam ke daerah kota, sehingga kendaraan dari dalam dan luar kota bercampur di gerbang tol tersebut dan menimbulkan kemacetan.

"Sekarang ini memang diketahui bahwa posisi Karang Tengah ini terlalu dalam ke daerah kota. Yang mengakibatkan campur lalu lintas dalam kota dan luar kota. Beda dengan Cikarang, kalau Cikarang itu sudah dibuat mundur ke belakang. Sehingga lalu lintas tidak terlalu banyak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT) Herry Zuna mengatakan pembongkaran gerbang tol Karang Tengah harus menunggu sampai pembangunan gerbang tol di Alam Sutera selesai.

"Di Alam Sutra itu harus dibangun lebih dahulu. Untuk lahan sejauh ini kita gunakan yang ada," demikian Herry.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016