Solo (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri datang mengunjungi perayaan Natal di Gereja Katolik Santo Perawan Maria Regina Paroki Purbowardayan, Solo, Sabtu malam.

Gubernur yang didampingi Kepala Polda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyampaikan selamat Natal kepada ribuan orang jemaat yang hadir di gereja tersebut.

"Saya datang ke gereja ini bersama Kepala Polda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi untuk ikut berbahagia bersama bapak, ibu, dan keluarga yang sedang merayakan, dan mengucapkan selamat Natal," kata Ganjar.

Ia berharap jemaat dapat berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Natal dengan bahagia.

"Namun, saya ingatkan jika makan ingat tetangga kiri kanan, kasih mereka agar ikut bahagia," kata Gubernur di depan jemaat.

Gubernur menyatakan kunjungannya ke Solo pada malam Natal tahun ini agar bisa hadir bersama masyarakat dalam suasana keceriaan.

"Kita bersaudara bisa bertemu, saling menghormati tentunya sangat menyenangkan," kata Gubernur.

Kondisi itu, kata Ganjar, sama dengan saat masyarakat merayakan Lebaran, hampir semua tokoh agama, masyarakat berbondong-bondong datang ke provinsi untuk memberikan salam.

Menurut dia, kondisi seperti itu harus terus didorong sehingga menjadi tradisi. "Agar di Jateng semuanya guyub rukun, saling menghormati, dan selalu ikut berbahagia," katanya.

Gubernur mengatakan dari hasil laporan yang diterimanya kondisi di daerah Jateng saat ini bagus, aman, dan nyaman. Ia juga melakukan cek di lapangan, melihat arus mudik, kondisi jalan, juga titik-titik pos pengamanan. "Semuanya lancar," katanya.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan perayaan Natal di Gereja Katolik Santo Perawan Maria Regina Paroki Purbowardayan, Solo, dihadiri sekitar 16.000 orang.

"Perayaan Natal di Solo sangat kondusif, semua masyarakat ikut terlibat dalam pengamanan. Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, ormas, dan organisasi partai politik yang selalu hadir di tengah warga masyarakat untuk membantu pengamanan," kata Hadi Rudyatmo.

Pewarta: Bambang Dwi Marworo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016