Cirebon (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) III Cirebon, Jawa Barat, memprediksi puncak arus balik angkutan libur Natal dan Tahun Baru (Natura) terjadi pada Selasa (27/12), dimana sekitar 7.600 penumpang akan menggunakan jasa kereta.

"Kalau untuk puncak arus balik diperkirakan pada Selasa (27/12) dengan jumlah penumpang kurang lebih 7.600," kata Manajer Humas PT KAI Daop III Cirebon, Krisbiyantoro di Cirebon, Senin.

Menurutnya puncak arus balik angkutan libur Natura tersebut disesuaikan dengan lonjakan penumpang yang terjadi pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, pada Senin (26/12) sekitar pukul 14.00 WIB jumlah penumpang di Daop III Cirebon sudah mencapai 5.300 penumpang.

"Kalau hari Senin (26/12) hari ini kita prediksi bisa hingga 7.500," ujarnya.

Pihaknya akan tetap melakuakn penjagaan esktra hingga 8 Januari nanti dan jika dibandingkan tahun lalu, secara komulatif lonjakan penumpang pada masa libur Natura tahun ini mengalami penurunan.

"Tahun lalu, jumlah penumpang di Daop III Cirebon mencapai 36.084 penumpang," lanjutnya.

Penurunan jumlah penumpang tersebut, menurutnya, dikarenakan okupansi penumpang pada tanggal (20/12) menunjukan penurunan yang sangat drastis. Hal tersebut, mempengaruhi perhitungan secara komulitaf dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kemungkinan karena situasi yang berbeda, tahun lalu kita sudah pasang posko pada tanggal yang sama. Tapi, tahun ini kita belum, karena menyesuaikan liburan sekolah," katanya.

"Kemungkinan besar, penurunan jumlah penumpang ini diakibatkan karena penyesuaian waktu perjalanan," tambahnya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016