Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto keliling memantau arus kendaraan menjelang perayaan Tahun Baru dan memeriksa kesiapan petugas di lapangan.

"Tadi (Rabu) pagi rapat koordinasi setelah itu memantau persiapan pengamanan di Pos Polisi Monas," kata Irjen Polisi Agung Budi Maryoto di Jakarta, Rabu.

Agung mengatakan bahwa pihaknya juga akan memantau Pos Polisi Ancol Jakarta Utara dan arus lalu lintas di jalur Puncak dan Pos Polisi Gadog Bogor, Jawa Barat.

Tim gabungan juga akan mendatangi Jembatan Cisomang di Tol Cipularang Purwakarta, Jawa Barat, yang mengalami retak.

Agung mengatakan bahwa rapat koordinasi yang menjadi agenda rutin menjelang tahun baru melibatkan Kementerian Perhubungan RI, PT Jasa Raharja, PT Asuransi Prata Bakti, Polri, dan PT Jasa Marga.

Diungkapkan polisi jenderal bintang dua itu, pantauan di lapangan kemungkinan terjadi kepadatan arus kendaraan menjelang liburan Natal dan Tahun Baru.

Agung meningkatkan perhatian terhadap situasi di jalur puncak dan Jembatan Cisomang berkoordinasi dengan Polres Purwakarta dan Polres Cimahi.

Selain itu, Agung juga memberikan dukungan dan semangat terhadap para anggota bertugas mengamankan arus kendaraan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Terkait dengan kondisi Jembatan Cisomang, Agung mengatakan bahwa Korlantas Polri telah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jawa Barat guna menambah kekuatan personil karena masih ada pengalihan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung.

Agung memperkirakan jalur Puncak Bogor akan terjadi kepadatan menjelang tahun baru karena pengaruh dari Jembatan Cisomang yang retak. Masyarakat yang menuju Bandung beralih melintasi Puncak.

"Misalnya, (pengendara) mau ke Bandung karena padat, kemudian beralih ke Puncak sehingga akan padat di sini (Puncak) maka kita siapkan dari awal," tutur Agung.

Kemenhub juga masih memberlakukan larangan truk atau kendaraan angkutan berat melintasi Jembatan Cisomang hingga 2 Januari 2017.


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016