Oslo (ANTARA News) - Norwegia, salah satu negara dengan kesetaraan gender terbaik di dunia, pada Jumat (27/1) mengumumkan penunjukan seorang perempuan untuk menduduki jabatan Kepala Angkatan Udara.

Ini untuk pertama kalinya posisi tersebut ditempati seorang perempuan.

Penunjukan Tonje Skinnarland, yang dipromosikan pada usia 49 dengan pangkat mayor jenderal, dilakukan saat Angkatan Udara negara tersebut melakukan modernisasi, dengan penggantian armada pesawat tempur F-16 yang sudah tua dengan dengan F-35 yang sangat modern dalam waktu dekat.

Skinnarland sudah menjabat sebagai pelaksana tugas kepala staf angkatan udara sejak pendahulunya meninggal pada Oktober.

Setelah mengabdi di militer selama tiga dekade -- tidak pernah menjadi pilot -- kenaikan jabatannya dipandang sebagai tonggak sejarah baru dalam perjalanan menuju kesetaraan gender.

Sejak awal 1990-an, tentara Norwegia sudah mempercayakan perempuan sebagai pilot pesawat tempur, pilot helikopter dan komandan kapal selam.

Wajib militer berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan di Norwegia sejak tahun lalu, dalam kasus yang unik untuk blok NATO itu. Namun, karena terbatasnya jumlah tempat, hanya yang paling termotivasi yang dipertahankan di militer, demikian AFP.(mr)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017