Pangkalpinang (ANTARA News) - Puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2568 di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlangsung meriah dengan pertunjukan 10 grup barongsai dan pesta kembang api.

Pantauan Antara di Kelenteng Kwan Tie Miaw yang menjadi pusat perayaan Tahun Baru Imlek 2568 di Pangkalpinang, atraksi grup barongsai mulai digelar sejak pukul 19.00 WIB Jumat (27/1) hingga 01.00 WIB Sabtu (28/1).

Selain itu, pesta kembang api dimulai setelah upacara sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek 2568 tepat pukul 00.00 WIB sebagai bentuk suka cita umat Khonghucu di Pangkalpinang.

"Perayaan Tahun Baru Imlek kali ini berlangsung meriah dengan tampilnya grup barongsai dan pesta kembang api yang menghibur para pengunjung," kata salah satu pengunjung Kelenteng Kwan Tie Miaw, Alai di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, perayaan Imlek tahun lalu di kelenteng tersebut kurang semarak karena grup barongsai dan pesta kembang api yang sudah disiapkan kurang maksimal menghibur pengunjung karena diguyur hujan deras dan banjir.

"Meskipun sempat diguyur hujan, perayaan Imlek tahun ini dapat lebih menghibur dengan tampilnya 10 grup barongsai dan pesta kembang api yang berlangsung sekitar 15 menit," ujarnya.

Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miaw, Loekito mengatakan bahwa panitia penyelenggara telah menyiapkan 10 grup barongsai dari Kota Pangkalpinang dan pesta kembang api untuk menyemarakkan perayaan Tahun Baru Imlek 2568.

"Atraksi 10 grup barongsai yang semuanya berasal dari Pangkalpinang dan pesta kembang api dapat berjalan maksimal karena cuaca yang mendukung sehingga dapat menghibur umat dan pengunjung yang hadir di Kelenteng," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017