Ambon (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menampilkan capaian kinerja atas berbagai program kerjanya pada pameran Hari Pers Nasional (HPN) dan "Maluku Expo" 2017 di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, 5-9 Februari 2017.

Pantauan Antara dari anjungan Kominfo di arena pameran itu di Ambon, Selasa, para pengunjung menanyakan soal perkembangan proyek Palapa Ring yang terpampang lebar pada papan "display".

Petugas pameran, Muhammad Anugerah dari BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi Informatika) menjelaskan Palapa Ring memang merupakan program unggulan Kementerian Kominfo.

Palapa Ring, katanya, menyatukan Indonesia melalui pembangunan jaringan serat optik sebagai tol informasi yang menghubungkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Palapa Ring adalah proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) pertama dalam sektor telekomunikasi, dan menjadi proyek strategis nasional sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2013.

Penanggung jawab proyek kerja sama Palapa Ring itu adalah Menteri Komunikasi dan Informatika.

Badan usaha pelaksana untuk kawasan barat adalah PT Palapa Ring Barat sejak kerja sama ditandatangani pada 29 Februari 2016 untuk pelaksanaan proyek di lima kabupaten/kota.

Krediturnya adalah Bank Mandiri dan telah dimulai pelaksanaan masa konstruksi pada 11 Agustus 2016 dengan operasi komersial dijadwalkan pada Februari 2018 dan masa konsesi 15 tahun.

Badan usaha pelaksana untuk kawasan tengah adalah PT Len Telekomunikasi Indonesia sejak kerja sama ditandatangani pada 4 Maret 2016 untuk pelaksanaan proyek di 17 kabupaten dan kota.

Krediturnya dilakukan oleh IIF, BNI, SMI, dan telah dimulai pelaksanaan masa konstruksi pada 29 September 2016 dengan operasi komersial dijadwalkan pada Februari 2018 dan masa konsesi 15 tahun.

Badan usaha pelaksana untuk kawasan timur adalah PT Palapa Timur Telematika sejak kerja sama ditandatangani pada 29 September 2016 untuk pelaksanaan proyek di 35 kabupaten-kota.

Krediturnya belum ditentukan dan baru dijadwalkan pada Maret 2017 dengan operasi komersial dijadwalkan pada September 2018 dan masa konsesi 15 tahun.

Palapa Ring bermanfaat sebagai tulang punggung telekomunikasi nasional yang mendukung ketahanan nasional dari segi akses informasi, serta pengembangan jaringan telekomunikasi tetap (fixed) dan selular (mobile).

Selain itu mewujudkan pemerataan dan percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, terwujudnya penyediaan jasa akses teknologi iformasi dan komunikasi (TIK), serta terwujudnya pengembangan TIK khususnya pada daerah yang belum teraedia akses informasi dan komunikasi.

Untuk menarik perhatian pengunjung dan memeriahkan suasana, anjungan Kominfo juga menggelar quiz dengan mengajukan pertanyaan siapa Menteri Kominfo saat ini, Menteri Kominfo periode 2004-2007, apa program unggulan Kementerian Kominfo, dan apa kepanjangan dari BP3TI.

Sejumlah pengunjung yang menjawab benar, mendapatkan aneka cinderamata.

Anugerah menyebutkan sudah lebih dari 200 pengunjung yang mengisi buku tamu di anjungan Kominfo, dan jumlahnya akan bertambah terus hingga penutupan pameran pada 9 Februari 2017.

(T.B009/A011)

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017