Jakarta (ANTARA News) - Pebalap MotoGP tim Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, menyatakan akan bersaing dengan sejumlah pebalap debutan yang sangat kuat dan potensial pada kompetisi MotoGP 2017.

Setidaknya ada empat pebalap debutan yang akan berlaga di sirkuit MotoGP tahun ini antara lain Jonas Folger dan Johann Zarco dari Monster Yamaha Tech 3, Alex Rins dari Suzuki Ecstar dan Sam Lowes dari Aprilia Racing Team Gresini.

"Saya pikir, pebalap baru sangat kuat tahun ini," kata Andrea Iannone yang hadir di Jakarta bersama rekan satu timnya, Alex Rins, pada peluncuran Suzuki GSX-R150 & GSX-S150, Sabtu.

Iannone mengatakan pebalap Jerman dari tim Monster Yamaha Tech 3, Jonas Folger, memiliki kemampuan membalap yang sangat bagus. Hal itu diketahui Iannone karena Jonas Folger pernah rekan satu timnya saat memperkuat tim Ongetta dengan motor Aprilia RSA 125 di kelas 125cc pada 2009.

Selain Jonas Folger, Iannone juga memberikan penilaian untuk pebalap Prancis dari tim Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco, yang akan berduet bersama Folger sebagai debutan.

"Saya juga memikirkan Zarco yang ada di MotoGP dari Moto2, dia sangat potensial," tutur Iannone.

Khusus untuk Alex Rins yang menjadi rekan satu tim di Suzuki. Iannone menilai pebalap asal Spanyol berusia 21 tahun memiliki potensi untuk berkembang bersama motornya. Iannone juga optimistis Alex Rins akan meraih hasil maksimal pada tes pramusim MotoGP di Qatar pada bulan depan.

"Teman satu tim saya, dia berkendara sangat baik di Moto3 juga berkembang di Moto2 dan kini di MotoGP dia sangat cepat," kata Iannone.

Ia menambahkan, "Saya sangat gembira untuk Alex karena karena sangat memungkinkan berkembang dengan motornya. Saya rasa juga di Qatar akan berkembang."

Mendengar pujian itu, Alex Rins mengatakan bahwa Iannone juga akan mendominasi balap MotoGP 2017. "Andrea akan mendominasi musim ini," kata Rins.

Seri pertama MotoGP 2017 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 26 Maret 2017 atau seusai tes pramusim MotoGP di sirkuit yang sama pada 10 Maret 2017.

(Baca: Sirkuit favorit Iannone dan Alex Rins di MotoGP)

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017