Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah tengah menyiapkan rencana operasional reforma agraria, bagian dari Kebijakan Ekonomi Berkeadilan yang diluncurkan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Kita sedang menyiapkan operasionalnya. Mungkin dalam satu dua minggu kita akan jelaskan seperti apa operasionalnya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Senin.

Darmin sekilas menjelaskan reforma agraria akan mencakup pendistribusian lahan kepada perseorangan, namun tidak akan ada pembagian secara individual. Besarannya, lanjut Darmin, tergantung pada lokasi lahan.

"Besarannya tergantung. Di luar Jawa mungkin beda dengan di Jawa, karena di Jawa kan lahan lebih terbatas," kata dia.

Pemerintah mengeluarkan Kebijakan Ekonomi Berkeadilan untuk membantu mengurangi ketimpangan di Tanah Air. Salah satu fokus program tersebut adalah kebijakan berbasis lahan melalui reforma agraria.

Reformasi agraria akan difokuskan pada redistribusi aset, terutama lahan menganggur atau lahan yang sudah dimiliki orang tetapi tidak dipakai dalam waktu lama. Reforma agraria diharapkan dapat mengurangi penguasaan lahan berlebihan oleh pihak tertentu.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017