Bandung (ANTARA News) - Partai NasDem mencalonkan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat 2018-2023 dengan tiga syarat.

"Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai NasDem dengan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam acara deklarasi pencalonan Ridwan Kamil sebagai gubernur di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega, Bandung, Minggu.

Syarat yang pertama, ia menuturkan, kalau warga memberikan amanah dan menjadikan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif maka dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan perannya sebagai pemimpin Ridwan Kamil harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga.

"Dengan menjadi benteng Pancasila maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. Ini artinya sistem dan ideologi bangsa kita yakni Pancasila merupakan kekuatan yang harus tetap terjaga dan tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan apa pun," kata dia.

Syarat yang kedua, Surya melanjutkan, kalau memenangi pemilihan gubernur dan menjadi pemimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jawa Barat dan seluruh parpol yang ada.

"Dengan demikian saya meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan parpol apa pun, termasul Partai NasDem," kata dia.

Ia menjelaskan Ridwan Kamil tidak boleh menjadi anggota partai politik supaya bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai pemimpin masyarakat Jawa Barat.

Syarat ketiganya, menurut dia, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan Jawa Barat, melibatkan masyarakat dalam pembangunan nasional dan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo mempercepat proses pembangunan serta persiapan Pemilihan Presiden 2019.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan saya sehingga deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Surya.

Ridwan Kamil menyatakan bersyukur mendapatkan kepercayaan dari Partai NasDem untuk menjadi calon gubernur Jawa Barat 2018-2023.

"Sebuah kepercayaan dari warga Jawa Barat yang diwakili Partai NasDem untuk mencalonkan saya pribadi untuk mengikuti perhelatan Pilgub Jabar 2018-2023, yang InsyaAllah dengan niat baik, dengan ikhtiar dan proses yang baik, akan dimenangkan dengan cara yang baik," kata dia.


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017