Jakarta (ANTARA News) - Atlet tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa mengamankan tiket putaran dua kejuaraan bulu tangkis Asia 2017 setelah memenangkan laga tiga game atas wakil Malaysia Zulfadli Zulkiffli.

Dalam pertandingan putaran pembuka yang berlangsung di Wuhan Sports Center Gymnasium, Hainan, China, Rabu, Ihsan menundukkan Zulfadli dalam pertarungan berdurasi satu jam 10 menit dengan skor 21-14, 16-21, 21-15.

Laman resmi PP PBSI yang dipantau di Jakarta, menyebut Ihsan sebetulnya sudah menguasai irama permainan di game pertama, pola permainan reli serangan balik yang diterapkan Ihsan seringkali merepotkan pertahanan Zulfadli.

Akan tetapi, dalam pertarungan di game kedua, penampilan Ihsan menurun, walau sempat kejar mengejar angka dan berselisih satu poin 10-11 di interval game kedua, namun akhirnya Zulfadli yang berhasil merebut game kedua.

"Pada saat itu saya terbawa irama permainan lawan, dia memperlambat tempo, jadi saya ikut terbawa main lambat. Selain itu permainan net nya bagus di game kedua," ujar Ihsan.


Baca juga: (PBSI prioritaskan tambahan atlet tunggal putra)


Di game pamungkas, Ihsan tidak mau menunggu lama untuk merebut poin dan berhasil memimpin perolehan angka. Walau sempat disamakan oleh wakil Malaysia 7-7, 8-8 dan 10-10, Ihsan tidak terbendung, akhirnya memenangkan satu tiket ke putaran dua.

"Di game ketiga, saya mencoba untuk kembali seperti di game awal. Saya selalu menjauhkan shuttlecock dari net. Saya lihat di game ketiga stamina lawan juga mulai berkurang yang jadi keuntungan bagi saya," tutur Ihsan.

Di game kedua, Ihsan akan menghadapi pemain tunggal putra andalan Taiwan, Chou Tien Chen yang sebelumnya menumbangkan wakil Srilanka Niluka Karunaratne 21-19, 21-16. Pertandingan ini menjadi pertemuan perdana antar dua pemain.

"Chou adalah pemain tipe menyerang, serangannya bagus, smash nya kencang menjadi perhatian saya, sehingga pertahanan saya harus lebih rapat, jangan kasih dia kesempatan untuk menyerang dengan terus menurunkan bola," tutur pemain jebolan PB Djarum ini.

Dengan hasil ini, Ihsan menjadi wakil tunggal putra Indonesia pertama yang lolos ke putaran dua Kejuaraan Asia 2017. Setelah sebelumnya salah satu wakil tunggal putra tanah air di kejuaraan itu, Tommy Sugiarto, harus terhenti di putaran pertama setelah dikalahkan Kenta Nishimoto (Jepang), dengan skor 14-21, 9-21.

Tim Merah Putih sendiri masih memiliki peluang untuk menambah wakil lewat Anthony Sinisuka Ginting yang sore ini akan berhadapan dengan Takuma Ueda dari Jepang.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017