Jakarta (ANTARA News) - Akademisi dari Global Sevilla Pulo Mas, Jakarta Timur, Robertus Budi Setiono mengatakan Pramuka dapat membangun karakter anak.

"Pramuka merupakan implementasi langsung dari pendidikan karakter," ujar Budi di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan Pramuka sangat baik untuk mengajarkan kepada anak tentang kepemimpinan, nasionalisme, kebhinekaan, dan serta bagaimana bertahan hidup di alam bebas.

Dia mengatakan sebagai sekolah internasional maka pihaknya tetap berkomitmen untuk menjadikan Pramuka menjadi ekstrakurikuler bagi peserta didik. Bahkan, diharapkan sekolah-sekolah internasional lainnya juga mendukung program kepramukaan.

"Pramuka akan kita dorong agar sekolah-sekolah internasional lain ikut mendukung Pramuka sebagai bagian pendidikan karakter Indonesia," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Gugus Depan Jatayu Timur Global Sevilla, Eva Riana mengatakan pihaknya merayakan ulang tahun gugus depan dengan menggelar lomba bersama pramuka se-Jakarta Timur.

"Tujuannya untuk menjalin semangat kebersamaan dan kebhinekaan antara sesama Pramuka. Melalui Pramuka ,kita menyatukan perbedaan," kata Eva.

Uniknya dalam kegiatan tersebut terdapat 30 pramuka difabel, dari sejumlah sekolah luar biasa (SLB). Hal itu menunjukkan bahwa kegiatan Pramuka juga dapat diikuti oleh anak-anak berkebutuhan khusus.

"Kegiatan itu juga diikuti oleh adik-adik berkebutuhan khusus, sebagai wujud tidak ada perbedaan dalam Pramuka. Mereka juga merupakan bagian dari generasi emas Indonesia," ungkap Eva.

Melalui aktivitas Pramuka, anak-anak dapat membangun rasa kebersamaan serta saling tolong-menolong.

"Sesuai dengan misi Pramuka, dimana melakukan kegiatan di alam terbuka dengan dasar rasa kasih sayang, yang bertujuan agar adik-adik kita dapat saling membantu satu sama lainnya," imbuh Eva.

Menurut Eva, melalui kegiatan Pramuka akan tercipta proses pembentukan karakter anak Indonesia yang jauh lebih baik.

"Karena pendidikan karakter itu intinya adalah proses, dimana Pramuka menjadi kegiatan yang efektif," kata Eva.

Terkait dengan kegiatan Pramuka di Global Sevilla, dijelaskan, pihaknya secara aktif mengikuti agenda nasional hingga internasional. Bahkan, beberapa murid pernah ikut serta dalam Jambore Pramuka Dunia di Jepang.

(T.I025/A011)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017