Sukabumi (ANTARA News) - Masyarakat Kota Sukabumi, Jawa Barat, harus bisa memanfaatkan keberadaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) khususnya untuk meningkatkan perekonomian.

"Dengan adanya Tol Bocimi dipastikan akan banyak investor dari berbagai daerah dan tidak menutup kemungkinan ada dari luar negeri. Jika tidak memanfaatkan sedini mungkin bisa saja warga dan pengusaha lokal menjadi penonton," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sukabumi Rudi Juansyah di Sukabumi, Senin.

Dia menjelaskan tentang perlunya antisipasi yang harus dilakukan warga Kota Sukabumi sebelum Tol Bocimi dioperasikan, karena akan banyak peluang usaha dari berbagai sektor ekonomi dan bisnis yang akan tumbuh.

Jika tidak memanfaatkan dan mempersiapkannya sejak dini, ujarnya, maka sudah pasti peluang tersebut disalip pengusaha dari luar daerah yang saat ini sudah mulai ancang-ancang menyiapkan modalnya.

Apalagi, katanya, dengan adanya jalan bebas hambatan itu, akses ke Kota Sukabumi, khususnya dari DKI Jakarta, akan lebih mudah tercapai.

Hal itu, katanya, tentu akan banyak berdampak positif bagi perkembangan daerah, seperti geliat kedatangan wisatawan akan meningkat.

"Walaupun direncanakan Tol Bocimi tersebut dioperasionalkan hingga Sukabumi pada 2019, perlu adanya inovasi dari warga dan pengusaha lokal untuk menangkap peluang yang ada," katanya.

Rudi mengatakan Kota Sukabumi nantinya tidak hanya digunakan sebagai jalan keluar tol, tetapi akan juga dijadikan lintasan dan akses warga dari berbagai daerah, baik untuk berwisata maupun membuka usaha.

Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar sedini mungkin mempersiapkan segala sesuatunya menyambut Tol Bocimi.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017