Surabaya (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada petugas pelabuhan untuk menjadikan perhatian penuh adanya kelebihan penumpang kapal pada arus mudik Lebaran.

"Jumlah penumpang biasanya kelebihan untuk arus balik, dan ini supaya dijaga," kata Budi, saat melihat kesiapan arus mudik moda transportasi laut di Tanjung Perak Surabaya, Kamis.

Selain itu, dia meminta kepada semua pihak untuk menjaga keamanan termasuk meningkatkan jumlah petugas keamanan.

Secara umum, kata dia, dari hasil pemantauan persiapan mudik Lebaran di Bandara Juanda, Terminal Bungurasih dan Pelabuhan Tanjung Perak sudah mencapai 90 persen hingga 95 persen.

"Hanya tinggal kita pastikan bahwa mereka itu bekerja dengan baik," katanya.

Dalam tinjauan kesiapan arus mudik di Surabaya itu, Budi didampingi Ketua Komisi V DPR RI Fery Djemi Francis.

Menurut Fery, kesiapan mudik Lebaran sudah baik, selanjutnya supaya dijaga baik dari segi keamanan, kelancaran dan kenyamanannya.

Fery juga mengapresiasi kesiapan setiap petugas di beberapa lokasi, dan meminta supaya tetap dipertahankan agar pelaksanaan mudik berjalan baik.

"Kemenhub sudah melakukan tugas dengan baik dari bandara, terminal bus sampai pelabuhan, jadi apa yang sudah baik ini harus dipertahankan, jangan sampai lengah sampai hari terakhir arus balik," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017