Kendari (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan berkunjung ke Kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melakukan sosialisasi empat kehidupan kebangsaan, Jumat.

Dihadapan para mahasiswa, dosen, dan civitas akademika, Zulkifli menyampaiman terkait pentingnya empat pilar kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bhineka Tunggal Ika.

"Empat pilar bangsa adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara," katanya.

Ia mengatakan, tanpa nilai-nilai luhur, negara akan sulit maju, Indonesia sudah memiliki nilai-nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar bangsa.

"Pancasila sebagai dasar berperilaku dengan benar, baik, dan leluasa. Pancasila juga sudah mengandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, nilai persatuan untuk melindungi tanah air, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

Pancasila juga kata dia, seharusnya bisa menjadi pemersatu dan bukan pemecah.

"Untuk itu saya menekankan agar para mahasiswa dapat mengimplementasikan inti-inti dari empat pilar kebangsaan tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehari-hari," katanya.

Pewarta: Suparman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017